NEWS RELEASE:

RSUD Raden Mattaher Operasi Gratis Orang Rimba

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher, Jambi, melakukan operasi mata jenis katarak hypermature secara gratis kepada Orang Rimba, Rabu (7/3).

Adalah istri Temenggung Maritua, 53, yang bernama Melindung Tua, 45, mendapatkan pelayanan operasi gratis tersebut. Keduanya berasal dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Terab, Kabupaten Batanghari. Melindung Tua, menurut dr Suwandi Zainul SP M, agak terlambat untuk segera mendapatkan perawatan pada mata kanannya itu. "

Kasusnya cukup berat. Apalagi lensa mata kanannya sudah terlihat kelewat matang. Maksudnya ibarat buah, jika terlampau matang akan membusuk. Jadi jika terjadi pada mata, jika didiamkan juga bisa membusuk. Tapi syukurlah, operasinya bisa berjalan lancar. Doakan saja agar matanya bisa bereaksi dengan baik,? jelas Suwandi usai operasi yang memakan waktu 30 menit itu.

Katarak Hypermature itu adalah sejenis penyakit mata dimana pada pupil matanya diselimuti oleh selaput putih sehingga mengganggu penglihatan (bahkan hingga tidak bisa melihat). Suwandi menjelaskan, penyakit ini bisa terjadi tidak hanya pada orang tua tapi juga bayi. Di Jambi, penyakit ini seringkali dialami masyarakat yang ada di pelosok desa-desa. Hanya karena ketidaktahuan masyarakat terhadap penyakit ini membuat si penderita selalu telat untuk mendpatkan perawatan semestinya.

?Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja. Bukan saja Orang Rimba saja. Tapi memang kasus seperti ini banyak sekali di Jambi. Bisa dikatakan 7/1000. Ini serius.

Dan saya pernah mengusulkan agar segera mendirikan BKMM (Balai Kesehatan Mata Masyarakat), tapi hingga sekarang tidak pernah terealisir,? ungkapnya.

Akibatnya, banyak penderita penyakit ini terlambat untuk mendapatkan pengobatan yang semestinya. Biasa yang terjadi, jika kondisi si penderita sudah parah mereka barulah dibawa berobat ke RS. Hal itu juga yang dialami oleh Melindung Tua.

?Sakitnya memang sudah dialami sejak lima tahunan. Tapi baru terasanya sekitar sebulanan ini. Ketika dibawa ke Puskesmas, Melindung Tua diminta untuk segera di bawa ke RS untuk dioperasi,? jelas Fasilitator Kesehatan dari KKI (Komunitas Konservasi Indonesia) Warsi, Sutardi, Rabu (7/3) saat mendampingi Melindung Tua dan suaminya Maritua di RS.

Sementara Maritua sendiri berharap, istrinya bisa sehat atau setidaknya bisa melihat, meskipun tidak senormal sebelumnya. Dia juga merasa senang ketika dr Suwandi mengatakan akan memberikan kacamata plus 10 untuk istrinya, jika kondisi matanya membaik setelah operasi. Suwandi juga mengatakan, jika mata kiri Malindung Tua yang mengalami gloukoma semakin parah maka dia menyarankan untuk segera dioperasi.

Biaya operasi Melindung Tua dan Orang Rimba lainnya yang telah dioperasi sejauh ini ditanggung oleh pemerintah dengan menggunakan Kartu Sehat yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Merangin dengan berkoordinasi lebih dulu dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Sutardi juga menjelaskan, sekitar 275 kartu sehat telah diberikan kepada Orang Rimba yang membutuhkannya. (***)
***





Berita terkait:
Comments: