NEWS RELEASE:

Tumbuhkan Kesadaran Ramah Lingkungan

Masalah lingkungan kini telah mengancam kelangsungan hidup manusia. Penggunaan bahan bakar fosil dan pengrusakan hutan yang berlangsung secara besar-besaran telah memicu terjadinya pemanasan global. Suatu kondisi dimana terjadi peningkatan suhu bumi, akibat efek gas rumah kaca. Sebagai bagian penghuni bumi, kita sudah harus mulai melakukan mitigasi dan adaptasi menghadapi perubahan iklim, dimulai dari diri sendiri dan hal yang kecil. Caranya tumbuhkan kesadaran untuk mulai peduli dan berperilaku ramah dengan lingkungan.

Untuk menumbuhkan kesadaran dan perilaku ramah lingkungan Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi bekerja sama dengan sejumlah NGO di Jambi menyelenggarakan pameran dan pentas seni selama 3 hari (11-13 Juni 2008), di hall WTC Batanghari Mall Jambi. Dengan mengambil tema Hijau Hutanku Ramah Bumiku, KKI Warsi ingin mengajak semua pihak untuk peduli dengan lingkungan sekitar. Pada acara yang dibuka secara resmi oleh Ratu Munawarrah Ketua Umum PKK Provinsi Jambi itu, sengaja melibatkan anak-anak dan generasi muda sebagai pengisi acara.

?Kita sengaja melibatkan anak-anak dan generasi muda sebagai pengisi acara, karena mereka yang akan merasakan dampak pemanasan global yang mulai terjadi saat ini, kita harus mengingatkan mereka untuk mulai berperilaku ramah lingkungan, untuk menghadapi pemasan global,?kata Mahendra Taher Pj. Direktur Eksekutif KKI Warsi.

Menurut Mahendra pemanasan global yang terjadi saat ini, tidak bisa ditimpakan hanya kepada suatu pihak saja untuk mengatasinya. Karena pemanasan global disebabkan oleh aktifitas manusia secara global, maka penanganannya juga harus dilakukan secara global dengan aksi-aksi lokal. ?Kita mulai dari diri sendiri dan kemudian di dalam keluarga dan masyarakat,?katanya.

Banyak hal sederhana yang bisa dilakukan dalam berperilaku ramah lingkungan, misalnya saja mengurangi penggunaan kertas dan tisu, hemat energi dan bahan bakar, kurangi penggunaan plastik, memelihara pohon dan lain sebagainya.

Sementara itu, Ratu Munawarrah yang juga ketua umum panitia penyelenggara Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang akan dipusatkan di Jambi pada 29 Juni mendatang, dalam sambutannya menghimbau semua pihak untuk peduli dengan lingkungan. Melihat persoalan lingkungan, menurut Ratu harus dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga. ?Kita harus peduli dan menjaga lingkungan kita. Orang tua harus mengingatkan anak-anaknya, demikian juga sebaliknya, anak-anak bisa mengingatkan orang tuanya untuk peduli dengan lingkungan,?katanya.

Ratu juga menyebutkan bahwa pihaknya, juga tengah aktif mengkampanyekan pemanasan global dengan turun langsung ke daerah-daerah melibatkan para generasi muda dan ibu-ibu. Dalam acara itu, Ratu Munawarrah juga berkesempatan menyerahkan hadiah lomba menggambar tingkat Provinsi Jambi yang diselenggarakan KKI Warsi. ***
***





Berita terkait:
Comments: