NEWS RELEASE: das

Tahun:

244 Desa Di DAS Batang Hari Rawan Banjir

Musim hujan telah tiba, bagi masyarakat yang berada di DAS Batang Hari itu berarti harus bersiap menghadapi banjir dan tanah longsor. Dari data yang terdapat di Dapertemen Kimpraswil, di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Hari terdapat 244 desa termasuk daerah rawan dan berpotensi banjr. Meliputi kawasan pertanian dan pemukiman yang diperkirakan seluas 180.305 hektar. Dari luasan ini, 78 persen merupakan daerah pemukiman.

Continue Reading

Penting Kebijakan Spesifik Pengelolaan Sumberdaya Hutan

Kabupaten Sarolangun memiliki karakter wilayah yang sangat spesifik yaitu bentangan wilayah dari barat ke timur, dari dataran tinggi hingga dataran rendah mengikuti Daerah Aliran Sungai (DAS) Limun Batang Asai dan Batang Tembesi dengan puluhan anak sungainya yang tersebar diseluruh kabupaten Sarolangun.

Continue Reading

Pendangkalan Sungai Akibat Kritisnya Das Batang Hari

Pendangkalan sungai Batang Hari sudang mengganggu kepada aktifitas pelayaran yang memanfaatkan alur sungai terpanjang di Sumatera ini. Salah satu yang mengalami kendala adalah pasokan BBM ke Jambi yang sempat terganggu. Seperti yang diberitakan Kompas (2/9) lalu, Asisten Media dan Publikasi Bagian Humas PT Pertamina Unit Pemasaran II Wilayah Sumbangsel Roberth MV Damatubun mengungkapkan pengiriman BBM ke Jambi terpaksa menggunakan kapal yang lebih kecil yaitu tongkang dengan kapasitas 3.000 kilo liter, padahal pada kondisi normal angkutan BBM ke Jambi menggunakan tongkang dengan kapasitas 6.000 kl. Akibatnya BBM yang harusnya dapat dangkut dalam satu kali pelayaran harus dibawa dalam dua kali pelayaran akibat pendangkalan sungai. Saat ini alur pelayaran Sungai Batang Hari tinggal 4,5 meter lebih dangkal 1,5 meter dari alur pelayaran normal 6 meter.

Continue Reading

KKI Warsi Sediakan Website

Das Batang Hari
news/2006/News_200607_WebsiteDAS.jpg

Data dan informasi tentang DAS Batang Hari tentu akan sangat menentukan langkah pengelolaan yang akan diambil oleh stakeholder. Hanya saja selama ini data dan informasi tentang DAS Batang Hari masih terkotak-kotak pada masing-masing stakeholder. Untuk memudahkan akses dan mengetahui kondisi terkini DAS Batang Hari, KKI Warsi berupaya untuk menghadirkan web site DAS Batang Hari.

Continue Reading

BHIP Akan Menjadi Mubazir?

Akibat Hutan Dharmasraya Semakin Habis

Kabupaten Dharmasraya dengan 6 sub DAS yang menjadi hulu DAS Batang Hari dan juga pembangunan bendungan Batang Hari untuk irigasi (Batang Hari Irrigation Project), merupakan ?pembeda? kabupaten Dharmasraya dengan kabupaten lainnya.

Continue Reading