NEWS RELEASE: hutan desa

Tahun:

42 Nagari Bersiap Usulkan Hak Pengelolaan Hutan

Sebagai Bentuk Mitigasi Bencana Ekologi
news/2016/News_201602_42_Nagari_bersiap_usulkan_Hak_Pengelolaan_Hutan1.jpg

Masyarakat Sumatera Barat terus berpacu untuk mewujudkan pengelolaan hutan yang lestari dan berkelanjutan. Saat ini, di 10 kabupaten dengan 42 nagari seluas 144.732 ha tengah bersiap untuk mengajukan hak pengelolaan hutan berbasis masyarakat kepada menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan skema Hutan Nagari dan Hutan kemasyarakatan.

Continue Reading

Izin Hak Hutan Kemasyarakatan Nagari Indudur Terancam Dicabut

Mimpi masyarakat Nagari Indudur Kecamatan 1X Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok tampaknya akan pupus untuk dapat mengelola Hutan Kemasyarakat yang sudah mereka usulkan. Pasalnya, sudah hampir dua tahun dari keluarnya SK Penetapan Areal Kawasan tak jua mendapatkan izin usaha pemanfaatan (IUP) Hutan Kemasyarakatan. Belum adanya IUP Hkm ini menyebabkan masyarakat Nagari Indudur terancam kehilangan areal kawasan yang sudah ditetapkan. Hal ini disampaikan Wali Nagari Indudur Zofrawandi Rangkayo Mudo,”Kalau sampai bulan Juni besok belum juga ada IUP Hkm yang disetujui Bupati maka SK PAK yang sudah ada akan batal dengan sendirinya,” jelasnya khawatir.

Continue Reading

Perlu Perbaikan Regulasi Dan Percepatan Dalam Skema Phbm

Pemerintah kembali menambah pencapaian target pengembangan PHBM hingga enam kali lipat dari target sebelumnya, yaitu Seluas 12,7 juta hektar dalam kurun waktu lima tahun (2014-2019). Komitmen ini dapat dilihat sebagaimana tertuang dalam dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Target tersebut dialokasikan dalam bentuk Hutan Desa, Hutan Kemasyarakatan, Kemitraan, Hutan Adat dan Hutan Tanaman Rakyat. Target 12,7 Juta Hektar untuk Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat merupakan peluang dan tantangan besar bagi berbagai pihak, hal ini disampaikan oleh Wiratno Direktur Bina Perhutanan Sosial Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Continue Reading

Menhut Serahkan 4 Sk Hutan Nagari

Hutan Nagari Mencegah Kerusakan Hutan

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan Jumat (29/8) menyerahkan empat SK Penetapan Areal Kerja (PAK) Hutan Nagari. Menteri menyerahkan SK 701/Menhut/II/2014 seluas 3.398 Ha untuk Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki, Nagari Sungai Abu Kecamatan Hiliran Gumanti dengan SK No. 702/Menhut/II/2014 seluas 6.787 Ha, Nagari Sarik Alahan Tigo SK No. 703/Menhut/II/2014 seluas 4.300 ha, serta Nagari Paru Kecamatan Sijunjuang dengan SK No. 704/Menhut/II/2014 seluas 4.500 ha. Penyerahan secara simbolis dilakukan Menteri kepada masing-masing wali nagari yang bertempat di Hotel Ina Muara Padang.

Continue Reading

Gubernur Tandatangani 17 Hak Pengelolaan Hutan Desa

news/2013/News_201308_Gubernur_Tandatangani_17_Hak_Pengelolaan_Hutan_Desa1.jpg

Sebanyak 17 Hak Pengelolaan Hutan Desa (HPHD) telah ditandatangani Gubernur Jambi Hasan Basri Agus beberapa hari yang lalu. HPHD yang telah ditandatangani ini, berada di tiga Kabupaten, (12 buah di Kabupaten Merangin, 2 buah di Kabupaten Bungo dan 3 buah di Kabupaten Batanghari).

Continue Reading