NEWS RELEASE: kesehatan

Tahun:

Orang Rimba terserang Campak

news/2017/New_201702_Orang_Rimba_terserang_Campak1.jpg

Kelompok Orang Rimba Terap di Kabupaten Batanghari dan Sepintun di Kabupaten Sarolangun terserang Penyakit campak. Saat ini ada tujuh Orang Rimba dari Kelompok Terap yang sedang di rawat di Rumah Sakit Raden Mattaher Jambi dan 4 orang dari rombong Sepintun yang di rawat di Rumah Sakit Haji Abdul Madjid Batoe Muara Bulian.

Continue Reading

Empat Dari 10 Orang Rimba Mengidap Hepatitis

Berpotensi Menimbulkan Etnosida
news/2016/News_201602_Empat_dari_10_Orang_Rimba_mengidap_Hepatitis1.jpg

Pola adat dan budaya yang terbentuk di mereka dengan menikah dalam sesama etnis Orang Rimba, akan sangat berpotensi melahirkan generasi yang mengidap hepatitis, jika tidak dilakukan penanganan segera kondisi ini sangat berpotensi untuk menghilangkan etnis Orang Rimba

Continue Reading

11 Orang Rimba Meninggal Beruntun

Diduga Kekurangan Pasokan Pangan Dan Air Bersih

Tiga Kelompok Orang Rimba di bagian timur TNBD yaitu Kelompok terap yang dipimpin Tumenggung Marituha, Tumenggung Ngamal dan Kelompok Serenggam yang di pimpin Tumenggung Nyenong, saat ini tengah dihantui kematian beruntun yang menyerang sejumlah orang di kelompok ini. Tercatat sudah 11 orang yang meninggal dalam waktu beberapa bulan terakhir dari 150 jiwa yang ada di tiga kelompok ini. Kematian beruntun paling banyak terjadi pada Januari dan Februari dengan enam kasus kematian yaitu empat anak-anak dan dua orang dewasa.

Continue Reading

Anak Rimba Di TNBD Mengalami Gizi Buruk

news/2012/News_201203_gizi_buruk.jpg

Kondisi kesehatan sejumlah anak rimba yang tersebar di Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD), Provinsi Jambi, sangat memprihatinkan. Hal itu ditengarai karena mereka mulai kesulitan mendapatkan bahan makanan untuk memenuhi pasokan gizi bagi anak-anak. Anak rimba yang kekurangan gizi tersebut berasal dari kelompok Temenggung Marituha dan Temenggung Nyenong, yang bisa diakses dengan jarak tempuh sekitar 30 kilometer dari Kota Sarolangun.

Continue Reading

Pengobatan Gratis Orang Rimba Di Pinggir TNBT

Ditemukan Penderita Kusta Kering Dan Suspect Tb
news/2009/News_200907_Pengobatan_Gratis_OR1.jpg

Sejak pagi hari orang rimba telah meninggalkan genah mereka, menuju ke tepi rimba di selatan Taman Nasional Bukit Duabelas Jambi. Beriringan mereka menuruni lembah mendaki bukit selama dua jam perjalanan untuk mencapai kantor lapangan KKI Warsi di SPI Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam Sarolangun Jambi. Sebagian dari mereka tampil ala orang rimba mengenakan cawat bagi laki-laki dan kemben bagi perempuan. Sedangkan sebagian anak-anak yang ikut dalam rombongan malah tidak mengenakan pakaian sama sekali. Diantara rombongan itu terlihat seorang ibu muda yang menggendong anaknya menggunakan kain lusuh. Si anak sesekali memperdengarkan suara batuknya. Terkadang mata mungilnya terlihat berair ketika batuknya tak kunjung reda. Si Ibu coba memenangkan anaknya, tapi batuk itu tetap saja membandel. Segelas air yang disuguhkan ke pada si anak, cukup membantu, batuk sedikit reda, namun tubuh Miti?demikian anak rimba berusia 5 tahun ini diberi nama---terlihat lemas, dan berwajah pucat.

Continue Reading