NEWS RELEASE: pembangunan

Tahun:

Studi Pembangunan,

Menggali Potensi Demi Solusi

Pembangunan daerah yang lebih berorientasi pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sering melupakan kondisi ruang dan Sumber Daya Alam (SDA) yang tersedia. Harus ada pertimbangan yang perimbangan antara aspek ekonomi, sosial budaya, dan ekologis. Jika tidak, bisa terjadi pemanfaatan ruang dan SDA yang tidak terkendali, serta tumpang-tindihnya (overleaping) peruntukan ruang apalagi jika tak disertai langkah-langkah antisipatif dan perbaikan.

Continue Reading

Masyarakat Bukan Sekedar Tujuan

Tapi Alat Pembangunan
news/2003/News_200306_Konservasi.jpg

Pembangunan yang tak memperhatikan konservasi hanya akan membawa kesengsaraan pada masyarakat. Sudah saatnya masyarakat dijadikan alat untuk pembangunan bukan sekedar tujuan pembangunan, oleh karena itu masyarakat juga harus dilibatkan dalam konservasi.

Continue Reading

Saatnya Jambi Alihkan PAD Dari Kayu

Trend penggalian PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari kayu oleh kabupaten sejak otonomi digulirkan telah memicu kerusakan lingkungan hingga tak terkendali. Padahal pemasukan daerah dari mengandalkan hasil hutan juga bisa diupayakan dalam bentuk lain, misalnya dari pengolahan carbon dioksida (CO2) menjadi oksigen (O2) oleh tumbuhan hijau, yang berarti dengan tetap memelihara hutan. (Siaran pers WARSI, Mei 2003)

Continue Reading

Kebijakan Pembangunan Masih Mengisolasikan Masyarakat Desa

Harusnya pemerintah menyadari apapun kebijakan yang diambil, masyarakatlah aktor atau pelaku utamanya.

Continue Reading

Kerusakan Hutan Meningkat, Pembangunan Irigasi Sia-sia

Kerusakan hutan di Kabupaten Sawahlunto/Sinjunjung sejak tahun 1993 hingga 1996 telah mencapai 20,66 persen. Dikhawatirkan kerusakan ini akan terus meningkat jika pengelolaan SDA (Sumber Daya Alam) tak diatur secara tepat alias masih tak memikirkan unsur keadilan.

Continue Reading