NEWS RELEASE: tnbd

Tahun:

Orang Rimba Mengadu

Ke Balai Taman Nasional Bukit Duabelas
news/2008/News_200805_ORMengadu1.jpg

Perwakilan orang Rimba dari Rombong (kelompok) Sungai Terap, mengadukan okupasi lahan yang dilakukan masyarakat luar, yang telah masuk ke kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas. Okupasi lahan yang ditemukan Orang Rimba ini, diperkirakan sudah berlangsung selama dua minggu, dengan meninggalkan bekas berupa patok-patok rintisan.

Continue Reading

Rencana Pengelolaan Taman Nasional Bukit Duabelas (rptnbd)

Sistem Zonasi Hormati Hak Adat Orang Rimba

Sistem zonasi pada Rencana Pengelolaan Taman Nasional Bukit Duabelas (RPTNBD) dipastikan akan menghormati Hak Adat Orang Rimba yang tinggal di dalamnya. Demikian ditandaskan oleh Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Jambi, Ir. Maraden Purba, MM, Senin (29/8), di Jambi.

Continue Reading

Hasil Pertemuan Tokoh Orang Rimba, Bksda, Dan Kki Warsi

Dambakan Pengakuan Hak Dan Lembaga Mandiri
news/2004/News_200404_Pertemuan_or1.jpg

Para tokoh Orang Rimba menyambut gembira rencana pembentukan lembaga kemandirian yang bisa dibentuk dan dikelola oleh mereka sendiri.

Continue Reading

Batas Wilayah Pemicu Konflik Warga Desa

news/2003/News_200311_Sungailingkar.jpg

Belum jelasnya penetapan batas wilayah administrasi antar desa penyangga TNBD termasuk batas desa dengan TNBD, memicu konflik antar masyarakat. Contohnya yang terjadi antara masyarakat Desa Sungailingkar dengan Desa Sungairuan, Padangkelapo, dan Peninjauan.

Continue Reading

Minta Ditinjau Ulang

Lahan Pt Wana Perintis Dan Pt Sdm

Pemerintah harus meninjau ulang luasan lahan dari PT Wana Perintis dan PT Sawit Desa Makmur (SDM) yang tak optimal dikelola. Keduanya hanya memanfaatkan sekitar 23-26 persen dari lahan yang mereka punyai.

Continue Reading