NEWS RELEASE:

Jangan Jadikan Orang Rimba Sebagai Alat Komoditas Politik

Ada Indikasi Memobilisasi Orang Rimba

Sekitar sebulan lagi Pemilu 2004 akan digelar. Namun beberapa partai tertentu telah mencuri start kampanye dengan melakukan mobilisasi terhadap Orang Rimba, terutama di beberapa desa di Jambi.

Sementara itu Direktur Eksekutif Komunitas Konservasi Indonesia Warsi (KKI Warsi), Rudi Syaf, menghimbau agar partai yang menjadi peserta Pemilu tidak lagi menjadikan Orang Rimba sebagai alat komoditas politik hanya untuk menaikkan pamor partai. Dia juga sangat meragukan jika suara Orang Rimba bisa menaikkan Caleg ke kursi Parlemen. Karena jumlah orang Rimba keseluruhan saat ini hanya ada sekitar 2.400 jiwa. Sementara Orang Rimba di Taman Nasioanal Bukit Dua Belas (TNBD) sekitar 1.300 jiwa. Jika pun ada Orang Rimba dari setengah jumlah itu diikutsertakan, maka satu kursipun tidak akan bisa diperoleh seorang Caleg karena jumlah mereka yang memang kecil.

Hal senada juga pernah diungkapkan Koordinator Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Jambi, Asep Mangkudilaga, seperti yang pernah dilansir berbagai media di Jambi belum lama ini. Asep mengatakan agar Parpol peserta Pemilu diminta jangan mengeksploitir Orang Rimba atau yang biasa dikenal dengan nama Suku Anak Dalam, demi kepentingan Parpol bersangkutan.

Asep, seperti dikutip berbagai harian Jambi itu, juga mengungkapkan bahwa memang telah ada indikasi beberapa Parpol melakukan upaya mengeksploitasi Orang Rimba untuk kepentingan kampanye Pemilu 2004 ini.

Mobilisasi Orang Rimba untuk ikut memilih partai atau Caleg tertentu ini semakin intensif terlihat sejak beberapa bulan terakhir ini. Melalui Kepala Desa para Orang Rimba ini dikumpulkan kemudian dipertemukan dengan utusan Parpol berkaitan dengan Pemilu nanti. Kemudian mereka diarahkan untuk memilih dan menusuk partai dan Caleg partai bersangkutan itu.

?Mereka (Orang Rimba-red) mengaku telah dikumpulkan untuk memilih Parpol tertentu dan Caleg tertentu,? ungkap Anthropolog Warsi, Marahalim, yang memang bertugas mendampingi Orang R...baca selanjutnya...




 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =