NEWS RELEASE:

IPKR Format Ulang

Direktur Eksekutif Yayasan Cakrawala Jambi, Wisma Wardhana, dalam pertemuan dengan wartawan membahas kondisi hutan di Muarojambi, Rabu (21/1), menegaskan kalau keberadaan Izin Pemanfaatan Kayu Rakyat (IPKR) yang banyak terbit di Muarojambi harus ditinjau atau diformat ulang. Sebab IPKR yang mencapai ratusan tersebut asal kayunya diragukan lokasi pengambilannya, diperkirakan tidak hanya dari Muarojambi saja.

?Berkemungkinan Muarojambi dijadikan pintu gerbang keluar-masuknya kayu-kayu yang ?tak jelas? izinnya. Illegal logging merupakan kejahatan yang besar,? kecamnya. Sehingga dinas terkait harus benar-benar menindaklanjuti setiap temuan kayu illegal, termasuk memonitor IPKR yang ada di Muarojambi. Namun pemonitoran IPKR-IPKR ini, tambahnya, tak hanya untuk wilayah Muarojambi saja, tapi juga kabupaten-kabupaten lainnya di Jambi, seperti Kabupaten Tanjungjabung Barat dan Tanjungjabung Timur.

Pertemuan yang turut dihadiri aktifis Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi tersebut yang antara lain Koordinator Program Potret Hutan Jambi, Mahendra Taher, dan Asisten Pengelolaan Kawasan KKI Warsi, Nurdin Hasan, mencoba menyandingkan temuan IPKR yang berjumlah lebih dari 100 buah (berdasarkan informasi dari wartawan) dengan kondisi hutan Muarojambi yang masih memungkinkan untuk diambil kayunya, lewat peta citra yang dikelola GIS KKI Warsi.

Di mana melalui peta citra diketahui kalau luas APL sebagai lokasi yang dibenarkan untuk perizinan IPKR di Muarojambi hanya 9.113 hektar.

Sementara satu IPKR berluas standar 100 hektar. Maka sangat tidak memungkinkan luasan sembilan ribuan tersebut diperuntukan untuk ratusan IPKR. ?Sangat tidak rasional,? tegas Nurdin.

Ketidakrasionalan jumlah luasan hutan dan jumlah IPKR tersebut bisa berimplikasi pada kemungkinan kalau kayu yang diambil bukan dari luasan tersebut, melainkan sudah meluas ke kabupaten lain dan menutup kemungkinan berasal dari taman-taman nasional yang ada di Jambi. Dalam t...baca selanjutnya...





 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =