NEWS RELEASE:

Batas Wilayah Pemicu Konflik Warga Desa

news/2003/News_200311_Sungailingkar.jpg

Belum jelasnya penetapan batas wilayah administrasi antar desa penyangga TNBD termasuk batas desa dengan TNBD, memicu konflik antar masyarakat. Contohnya yang terjadi antara masyarakat Desa Sungailingkar dengan Desa Sungairuan, Padangkelapo, dan Peninjauan.

Persinggungan itu antara lain disebatkan ?perebutan? pemanfaatan Sumber Daya Alam-nya (SDA). Belum lagi hidupnya api kecemburuan dari warga Sungailingkar, Padangkelapo terhadap warga Desa Peninjauan yang melakukan penjualan lahan mereka ke perusahaan Tanjung Johor.

Mengenai TNBD sendiri, masyarakat desa-desa tersebut juga sangat minim pengetahuan. Hanya kepala desa dan sebagian anggota BPD desa terkait yang tahu tentang keberadaan TNBD. Masyarakat umumnya belum tahu batas wilayah TNBD yang berarti tidak boleh ditebangi pohonnya. Sehingga mereka juga tak mengetahui kalau kegiatan bebaloknya telah masuk kawasan lindung TNBD. Dan kalau diingatkan, mereka pun membatantah pengambilan kayu bukan dalam wilayah tersebut karena belum ada patok yang jelas mengenai batas TNBD.

Lahan yang potensial untuk dikelola punya masyarakat juga kurang perhatian. Lahan terlantar yang terdapat di Desa Sungailingkar yang masuk kawasan Kecamatan Maroseboulu, Kabupaten Batanghari ini, berupa belukar yang diisi karet tua. Lahan itu cukup luas namun tak berproduksi sebagaimana yng diharapkan. Lokasinya dekat pmukiman masyarakat, tepatnya terdapat di seberang Sungai Batanghari. Sedangkan lahan keringnya (berdasarkan status) merupakan HGU PT SDM yang tidak dimanfaatkan dan berdasarkan wilayah termasuk kawasan adat Desa Sungai Lingkar. Lokasinya di km 10 sampai km 14 sebelah jalan logging PT Intan. Diperkirakan luasnya 4.500 hektar. Terdapat juga sesap/belukar di HGU PT SDM yang tidak ada tanaman tunggunya (sawit), sebagian sudah ditanami karet oleh masyarakat desa. Lokasinya terdapat di km 10 sampai km 11, sebelah kiri jalan logging PT Intan. Lahan kering desa ini terdapat seluas 5.235 hektar, yang diperuntuk...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =