NEWS RELEASE:

Studi Pembangunan,

Menggali Potensi Demi Solusi

Pembangunan daerah yang lebih berorientasi pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sering melupakan kondisi ruang dan Sumber Daya Alam (SDA) yang tersedia. Harus ada pertimbangan yang perimbangan antara aspek ekonomi, sosial budaya, dan ekologis. Jika tidak, bisa terjadi pemanfaatan ruang dan SDA yang tidak terkendali, serta tumpang-tindihnya (overleaping) peruntukan ruang apalagi jika tak disertai langkah-langkah antisipatif dan perbaikan.

Berdasarkan pemikiran di atas KKI Warsi yang dipimpin Koordinator Unit Fasilitasi Desa, Budi Retno Minulya, dan Lembaga Penelitian Universitas Jambi (Unja), dipelopori DR Johannes, SE, Msi, serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Batanghari mengadakan penelitian bertema Studi Kebijakan Pembangunan Pemanfaatan Ruang dan SDA sejak April-Juni 2003. Fokus penelitian ini adalah beberapa daerah di Kabupaten Batanghari karena kabupaten ini lebih leading dari kabupaten lainnya di Jambi dalam pelaksanaan otonomi daerah. Persisnya tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kebijakan pembangunan Kabupaten Batanghari dan mengidentifikasikan potensi ekonomi masyarakat desa yang memungkinkan untuk dikembangkan.

Untuk sektor kehutanan, karena dipicu PAD kaidah-kaidah ekologis dan kelestarian hutan serta jaminan kesinambungan produksinya di masa depan, diabaikan. Sementara pengamanan hutan dan penegakkan hukum juga tidak optimal. Kecenderungan ini bisa dialami sektor lain. Ruang ekologi saat ini sangat terdegradasi, misalnya kemampuan hutan sebagai tangkapan air di daerah hulu-hulu sungai (fungsi hidro-orologi) dalam menjaga keseimbangan DAS Batanghari, rusak. Tidak mengherankan fluktuasi air Sungai Batanghari pun telah mencapai 10 meter. Banjir yang akhir-akhir ini melanda contoh ketidakseimbangan ruang hutan alam dengan fungsi pengembangan ekonomi. Sehingga pemberian porsi ruang yang berlebihan di satu aspek telah menyebabkan kerugian di aspek keruangan lainnya.

Perubahan fungsi-fungsi keru...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =