NEWS RELEASE:

Perlu Pendidikan Lingkungan Sejak Dini


Pembangunan Jambi ke depan khususnya untuk desa, sebaiknya dimulai dengan membenahi pendidikan generasi muda. Anggaran pembangunan (APBD) sebaiknya diarahkan lebih besar ke sektor pendidikan. Melalui pendidikan muatan konservasi bisa dimasukan sebagai bagian ilmu yang memang sebaiknya diketahui generasi muda Jambi sejak dini.



Sehingga kecemasan bencana alam yang terus rutin terjadi setiap tahun karena dipicu pembukaan hutan atau penebangan kayu oleh masyarakat, bisa diatasi. Masyarakat sering beralasan menebangi hutan karena kesulitan ekonomi di desa dan tidak adanya skill (kemampuan) mereka yang lain.

Jika pendidikan masyarakat Jambi, khususnya masyarakat desa dibenahi, maka segala program pemerintah untuk pembangunan ekonomi desa akan mudah didialogkan ke masyarakat. Termasuk lewat pendidikan, skill generasi muda Jambi juga bisa ditingkatkan.

Apalagi belakangan ini pendidikan di Jambi khususnya di Kabupaten Batanghari memang sangat menjadi sorotan karena kualitasnya yang memang kurang terperhatikan oleh pihak-pihak terkait. Salah satu contoh kongkritnya pendidikan anak-anak Sekolah Dasar (SD) di Desa Padangkelapo, Kecamatan Maroseboulu, Kabupaten Batanghari (Jambi), yaitu SDN No. 44/I.

Meskipun telah duduk di kelas enam, beberapa pertanyaan mendasar tentang Jambi, Kabupaten Batanghari, dan Indonesia, tidak bisa mereka jawab dengan benar. Seperti ketika salah seorang staf Unit Fasilitasi Desa Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi, Zainuddin, yang telah lama bertugas di desa ini menanyai beberapa siswa kelas enam SDN No.44/I Desa Padangkelapo, tentang siapa nama gubernur Jambi, apa nama ibukota provinsi Jambi, siapa itu Abdul Fattah/Bupati Kabupaten Batanghari (yang justru dijawab mereka sebagai gubernur Jambi), dan apa bunyi sila ketiga Pancasila.

Namun jika judul sinetron yang ditayangkan televisi setiap malam yang ditanyakan, rata-rata mereka mengetahuinya. Jika pendidikan dini ini tidak te...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =