NEWS RELEASE:

Sampah Ancaman Wisata Taman Nasional


Sampah ternyata bukan persoalan lingkungan yang ada di perkotaan atau di desa saja, baik di lokasi ramai pengunjung seperti taman hiburan, maupun di lokasi yang tersembunyi seperti sampah industri atau sampah rumah tangga. Melainkan sampah juga menjadi momok bagi pemeliharaan kawasan wisata di Taman Nasional, salah satunya Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), persisnya di Danau Gunung Tujuh, yang merupakan kawasan lahan basah TNKS.

Tak jarang staf Balai TNKS yang bertugas ke sana harus membersihkan sampah yang ditinggalkan pengunjung di lokasi danau dianggap tertinggi se-Asia ini. Padahal terkadang ada pengunjung yang enggan membayar karcis ketika ingin masuk ke lokasi Danau Gunung Tujuh. Tapi itu tak hanya wisatawan domestik saja, tapi juga wisatawan dari manca negara,salah satunya dari Malaysia.

Kepala Balai TNKS, Listya Kusumawardhani, memberikan penjelasan itu belum lama ini. Luasan objek wisata yang dialokasikan untuk TNKS, menurutnya, sebanyak 14.000 ha. Sementara itu untuk zona pemanfaatan tradisional 22.000 ha, khusus 88.000 ha, rimba 465.000 ha, dan zona pemanfaatan inti 786.000 ha.

Dari data yang dipunyai TNKS khusus untuk lahan basahada sebanyak 31 lahan basah di pulau Sumatera,19 di antaranya terdapat di dalam TNKS. Lahan basah di TNKS merupakan lahan basah yang unik, karena kebanyakan terletak di dataran tinggi.Danau Gunung Tujuh sendiri terdapat diketinggian 1.950 mdpl.



Selain itu ada Rawa Bento berketinggian 1.375 mdpl.Keduanya merupakan danau vulkanik dan rawa tertinggi di Asia Tenggara. Danau Gunung Tujuh masih menyimpan mamalia besar yang masih liar,misalnya sambar (cervus unicolor,beruang (helarctos malayanus), landak (hystriksp), kijang (muntiacus muntjak), dan harimau (panthera tigris).

Keberadaan lahan basah TNKS ini belakangan sangat terancam karena ulah manusia, selain pencemaran lingkungan seperti sampah, juga disebabkan perambahan hutan,perburuan satwa, pemberian peptisida ...baca selanjutnya...




 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =