NEWS RELEASE:

Makin Tinggi

Minat Orang Rimba Berobat Ke Rumah Sakit
news/2003/News_200307_Hernia.jpg


RSUD Kol. Abundjani Bangko bisa dikategorikan sebagai rumah sakit yang sangat akomodatif dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat tanpa membeda-bedakan, khususnya pada Orang Rimba Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) Jambi. Sikap ini perlu ditiru RSUD kabupaten lain, apalagi bagi puskesmas-puskesmas di daerah terpencil, demi menumbuhkan kesadaran yang lebih besar dari Orang Rimba terhadap pengobatan secara medis.

Kenyataannya jumlah Orang Rimba yang berobat ke RSUD Bangko kian hari memang terlihat meningkat. ?Sikap wellcome dari tenaga medis ini sangat dibutuhkan dalam membantu menanamkan keyakinan pada Orang Rimba akan pentingnya berobat ke rumah sakit, sehingga tidak hanya mengandalkan pengobatan tradisional yang belum tentu ampuh. Orang Rimba harus diperlakukan sama dalam mendapatkan layanan kesehatan ini,? ujar Sutardi Dihardjo, Fasilitator Kesehatan KKI (Komunitas Konservasi Indonesia) Warsi yang telah setahun ini mendamping Orang Rimba TNBD Jambi.

Menurutnya tak jarang Orang Rimba mengeluh kurang dilayani saat mendatangi rumah sakit/puskesmas dekat wilayah tinggal mereka. Hal tersebut dilatarbelakangi karena pembedaan pandangan terhadap masyarakat suku terasing (Orang Rimba) dengan masyarakat luar yang seharusnya tidak terjadi.

Selanjutnya, urai lelaki ini, salah satu contoh yang patut dianut rumah sakit dan puskesmas lainnya dari RSUD Bangko yaitu saat anak rimba Sakojerenang, Makekal Hulu, TNBD wilayah Kabupaten Tebo, bernama Melempi (7 tahun), harus dioperasi untuk hernia yang sejak lahir dibawanya. Operasi Melempi ditangani serius oleh tim dokter RSUD Bangko pimpinan dr Dennison Sp.B.

Desakan agar Melempi ditangani medis ini telah diajukan Sutardi sejak Januari 2003 ke orang tua Melempi bernama Mantun (29 tahun). Namun sang bapak tak mudah diyakinkan karena selain tak percaya anaknya akan mendapatkan layanan yang baik, dia juga takut sang anak akan meninggal dunia dalam operasi tersebut. Berdasa...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =