NEWS RELEASE:

Sejumlah Wartawan Lakukan Ekspedisi Ke Koto Malintang


Sebanyak 13 wartawan turun ke Koto Malintang di Kanagarian Duo Koto, Kabupaten Agam, Sumbar, untuk melihat langsung aplikasi dari program Kambali Ka Nagari yang dilaksanakan masyarakat setempat lewat pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Acara ini direncanakan terlaksana 25-27 April 2003, diikuti oleh wartawan media cetak lokal dan nasional, serta reporter dari media elektronik, antara lain RCTI ,TPI, dan SCTV. Selain itu juga ikut serta peneliti lingkungan hidup dari Universitas Bung Hatta Padang.

Deputi Direktur yang merangkap Koordinator Program CBFM (Community Based Forest Management : pengelolaan hutan oleh masyarakat) Komunitas Konservasi Indonesia Warsi (KKI Warsi), Rakhmat Hidayat yang merupakan pihak penyelanggara acara tersebut, 21 April, menjelaskan kalau ekspedisi media ini bertujuan merangkum peran pers dalam mempublikasikan bentuk pengelolaan potensi Koto Malintang oleh masyarakat setempat yang sangat cocok diterapkan oleh berbagai daerah di Sumbar dalam era otonomi daerah ini. Disamping membantu para jurnalist memahami paradigma kehutanan berbasiskan masyarakat. Ekspedisi media juga bertujuan menciptakan opini publik yang bersifat penyelamatan terhadap daerah tangkapan air dan ekosistim Danau Maninjau yang terletak dipinggiran Koto Malintang serta demi menjaring berbagai masukan dari masyarakat sehubungan dengan penataan ruang daerah tangkapan air dan ekosistim Danau Maninjau.

Selain turun ke lapangan dan berdialog dengan tokoh masyarakat setempat, wartawan juga akan bertemu langsung dengan bupati Kabupaten Agam. Hasil akhir dari kegiatan ini direncanakan akan ada pembukuan terhadap tulisan para wartawan sebagai bentuk sumbangan wartawan dan KKI Warsi terhadap aplikasi program Kambali Ka Nagari yang digaungkan pemerintah daerah Sumbar.

Lebih lanjut, Rakhmat menjelaskan kalau Koto Malintang dan Danau Maninjau memang telah menjadi daerah kerja KKI Warsi sejak tahun 2000. Dari hasil kajian dan pendampinga...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =