NEWS RELEASE:

Dua Menteri, Gubernur, Dan Bupati Sumbar-jambi,

Dua menteri RI, yaitu Menteri Negara Lingkungan Hidup RI, Nabiel Makarim, dan Menteri Kehutanan RI, M Prakosa, yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Departemen Kehutanan RI, Wahjudi Wardojo, Selasa (11/3), dalam acara workshop regional Sumbar-Jambi bertemakan Membangun Kesepahaman Bersama Menuju Pengelolaan SDA Berkelanjutan dengan Pendekatan Bioregion pada DAS Batanghari, menandatangi Nota Kesepahaman Bersama Para Pihak Tentang Pengelolaan SDA pada DAS Batanghari yang mengaliri dua provinsi (Sumbar-Jambi) tersebut.

Penandatanganan yang berlangsung di hari kedua workshop itu juga dilakukan oleh Gubernur Jambi, Wakil Gubernur Sumbar, Fachri Achmad yang diwakili oleh Ketua Bappedalda Sumbar, Darman Siri, Gubernur Jambi, Zulkifli Nurdin, Bupati Sawahlunto Sijunjung, H. Darius Apan, Wakil Bupati Solok, Elfi Sahlan Ben, dan Wakil Bupati Bungo, H. Abdul Malik HM. Acara yang digelar di kantor Bappeda Jambi dan atas kerjasama dua pemerintahan daerah (Sumbar-Jambi) dengan KKI Warsi tersebut, menjadikan penandangatanganan nota kesepahaman tersebut sebagai puncak workshop regional awal dari penangan secara terpadu terhadap kritisnya kondisi DAS Batanghari.

Nabiel Makarim dalam pandangannya pada acara tersebut menyampaikan kalau pengelolaan DAS Batanghari sangat tepat dengan pendekatan bioregion yaitu pendekatan yang melibatkan masyarakat dan tidak dibatasi oleh batas wilayah administrasi kedua provinsi tersebut. Kata koordinasi antar daerah, sentilnya, mudah untuk diucapkan, namun pelaksanaannya sulit. Sehingga memerlukan kesungguhan kedua provinsi untuk mengkonkretkan nota kesepahaman yang telah ditetapkan.

Diakuinya, kalau ada beberapa hambatan untuk melaksanakan konsep bioregion, antara lain kebijakan pemerintah di bidang konservasi SDA yang tidak konsisten terutama dalam bidang penggunaan lahan misalnya konsistensi dalam rencana tata ruangnya. Selain itu terkait dengan era desentralisasi turutmenjadikendala dimana masing-masing...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =