NEWS RELEASE:

Workshop Regional Jambi-sumbar Untuk Atasi Banjir

news/2003/News_200303_Workshop1.jpg

Bencana banjir hampir merata melanda daerah-daerah di Indonesia, tak terkecuali Jambi. Apalagi dengan semakin parahnya kondisi DAS (Daerah Aliran Sungai) Batanghari yang melewati Jambi dan Sumbar, kian membuat panen banjir di kedua provinsi ini tak terelakkan. Menyikapi persoalan ini dan sekaligus untuk mengupayakan langkah-langkah perbaikan ke depan, pemerintah dan masyarakat di dua provinsi ini perlu duduk bersama membahas penanganan DAS secara seksama.

Kesepahaman bersama menuju pengelolaan yang berkelanjutan terhadap SDA (Sumber Daya Alam) DAS Batanghari menjadi faktor utama yang harus segera dimulai. Dan penanganan yang tepat adalah dengan tetap mementingkan peran atau keterlibatan masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar DAS Batanghari.

Demikian poin-poin yang disampaikan Koordinator Kajian DAS Batanghari Warsi, Mahendra Taher, Sabtu ( 8/3/2003 ). Lembaga yang berkantor di Sumbar dan Jambi ini tengah bekerjasama dengan dua pemerintah provinsi (Sumbar dan Jambi) untuk mengadakan workshop regional pengelolaan SDA DAS Batanghari dengan tema Membangun Kesepahaman Bersama Menuju Pengelolaan SDA oleh Masyarakat dengan Pendekatan Bioregion pada DAS Batanghari. Acara rencananya akan dihadiri dua menteri, yaitu Menteri Kehutanan RI, M Prakosa, dan Menteri Negara Lingkungan Hidup RI, Nabiel Makarim. Acara diadakan di ruang Mayang Mangurai kantor Bappeda Jambi tanggal 10-11 Maret 2003.

Selain Gubernur Jambi, H. Zulkifli Nurdin, dan Wakil Gubernur Sumbar, Fachri Ahmad, turut hadir bupati-bupati dari dua provinsi tersebut, antara lain Bupati Bungo, H. Zulfikar Achmad, Sarolangun, H.M. Mandel, Muaro Jambi, Asa?ad Syam, Batanghari, Abdul Fatah, Tanjabtim, Tebo, Majid Muaz, serta dua bupati asal kabupaten di Sumbar yaitu Bupati Sawahlunto Sijunjung, H. Darius Apan, dan Bupati Solok, H. Gamawan Fauzi.



Ketua Bappeda Jambi, Firwan Tan, dan Ketua Bapedalda Sumbar, Darman Siri, juga diharapkan kehadirannya. Sementara itu dari...baca selanjutnya...


news/2003/News_200303_Workshop2.jpg news/2003/News_200303_Workshop3.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =