NEWS RELEASE:

Megawati Sentil Sumatera Belum Perhatikan Lingkungan


Persoalan yang sangat mendesak untuk menjadi pikiran pemerintah daerah dan masyarakat seluruh Indonesia, adalah penanganan kerusakan lingkungan. Presiden RI, Megawati Soekarno Putri, sendiri dalam pembukaan Rapat Koordinasi Gubernur se-Sumatera di ballroom Hotel Novotel di Jambi, baru-baru ini, telah menyentil permasalahan ini. ?Dari beberapa agenda Sumatera ternyata persoalan lingkungan masih belum menjadi kesepakatan utama kerjasama, ini harus menjadi pikiran ke depan,? kritiknya.

Berlandaskan pikiran itu Komunitas Konservasi Indonesia Warsi (KKI Warsi) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sawahlunto Sijunjung menyelenggarakan Konsultasi Publik tentang Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) Berkelanjutan di Sumatera Barat, khususnya terhadap DAS Batanghari. Pendekatan Bioregion pada DAS Batanghari, menjadi topik utama acara yang digelar, Sabtu 25 Januari 2002 ini. Pembicara utama dalam pertemuan ini langsung Bupati Kabupaten Sawahlunto Sijunjung, Darius Apan.

Disamping pembicara lainnya Kepala Bappeda Sawahlunto Sijunjung, Muchlis Anwar, pemerhati nagari yang juga menjabat Direktur Koperasi Equator, Zukri Saad, Koordinator Program Pengelolaan DAS Batanghari KKI WARSI yang berkantor pusat di Jambi, Mahendra Taher. Turut hadir dalam pertemuan itu anggota DPRD Kabupaten Sawahlunto Sijunjung, instansi teknis di jajaran Pemkab setempat, dan masyarakat nagari Sungai Limau Kecamatan Rumbai, Kabupaten Sawahlunto Sinjunjung yang berlokasi di sekitar DAS Batanghari, termasuk unsur perguruan tinggi, organisasi non pemerintah, dan pers. DAS Batanghari yang juga masuk lingkup provinsi Jambi ini memerlukan penanganan dua provinsi ini ke depannya.

?Persoalan pengelolaan SDA sebagai salah satu penyebab utama terjadinya bencana nasional, yang berdampak pada meningkatnya jumlah DAS kritis setiap tahun. Dengan kenyataan ini, upaya pelestarian lingkungan melalui kebijakan-kebijakan yang komprehensif mutlak terus diupayakan, oleh karena itu diperluka...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =