NEWS RELEASE:

Mendorong Masyarakat Menjadi Aktor Utama Konservasi

Suksesnya pertanian di desa-desa penyangga Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) bagian selatan yang terdiri dari 6 desa interaksi (Desa Baru, Semurung, Jernih, Lubuk Jering, Pematangkabau, dan Bukit Suban), berarti sukses pula upaya konservasi terhadp TNBD. Bisa diistilahkan kalau suksesnya konservasi tak terlepas dari peran desa-desa penyangga TNBD, atau dengan kata lain masyarakat adalah aktor utamanya.

Selama ini aktifitas perambahan hutan dan pembukaan ladang oleh masyarakat desa interaksi telah mengakibatkan turunnya kualitas TNBD sebagai pengatur tata air. Hal ini jelas dirasakan dengan terjadinya berulang kali banjir di beberapa desa, misalnya di Semurung, bahkan di Lubuk Jering sampai 10 kali terulang. Selain itu juga sering terjadi longsor, seperti yang berlangsung di tiga lokasi di Desa Jernih, serta kekeringan sumber mata air yang ketika kemarau selama 1,5 bulan (September-Oktober 2002) yang lalu berpengaruh pada aktivitas pertanian di desa-desa interaksi tersebut.

Gambaran kondisi dan aktifitas penduduk desa-desa penyangga ini secara umum masih memerlukan koreksi. Antara lain, di Desa Baru dari sudut jumlah masyarakat yang terlibat perambahan hutan memang cenderung menurun, tetapi dari sudut luas pembukaan lahannya justru semakin meluas. Tetap dilakukan oleh peladang-peladang sebelumnya, bertotal 23 orang di Sungai Nilo dan 30 orang di Ulu Jelutih.

Kondisi politik desa yang rentan konflik (BPD dengan Kades) menjadi faktor signifikan kurang berjalannya pembangunan desa. Di tahun 2002 pembangunan yang cukup berarti masih kurang, hanya di akhir tahun ada perbaikan jalan dusun dan jembatan dusun dengan total anggaran cuma Rp. 5 juta dari dana DPD/K Th. 2002, dan di bidang pertanian ada program PMI (Peningkatan Mutu Intensifikasi) seluas 30 ha untuk 60 KK. Namun karena kemarau panjang (selama 1,5 bulan) kegiatan itu tidak berjalan dengan mulus.

Dalam kegiatan pendampingan Unit Fasilitasi Desa Warsi dapat digagalkan ak...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =