NEWS RELEASE:

Kesehatan Orang Rimba Kurang Diperhatian Dinas Terkait

Pelayanan kesehatan terhadap Orang Rimba hingga sekarang masih kurang mendapatkan perhatian serius dari dinas terkait. Tak jarang mereka diabaikan saat meminta pelayanan pengobatan dari Puskesmas tertentu yang mereka datangi. Hal itu diungkap dalam Rapat Kerja Kesehatan (Rakerkes) di Kabupaten Merangin dengan tema besar menuju Merangin Sehat 2008. Rapat kerja yang mengkaji agenda untuk Merangin dalam 2003 tersebut mengambil lokasi di kantor Dinas Kesehatan Merangin pada penghujung Desember tahun lalu, tepatnya tanggal 23 Desember 2002.

Rakerkes yang dihadiri 80 orang itu memunculkan beberapa materi sekaitan dengan gambaran pelayanan kesehatan di tingkat masyarakat dalam Kabupaten Merangin. Pembicara yang didatangkan juga berasal dari kalangan pers demi merangkum apa-apa saja yang dikeluhkan masyarakat. Drs. Yuneldi Yunis Koto, wartawan Jambi Ekspes, menyampaikan kalau secara garis besarnya pelayanan kesehatan terhadap masyarakat umum memang tak optimal diperhatikan Dinas Kesehatan terutama dari Puskesmas yang menjadi ujung tombak pelayanan di daerah.

Sutardi Diharjo, staf medis Warsi yang ikut diundang, juga memberikan gambaran seputar pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, khususnya yang diperoleh Orang Rimba. Dituntut perlakuan yang sama dari jajaran medis dalam naungan Dinas Kesehatan terhadap kesehatan komunitas ini. Beberapa kerjasama yang terjalin antara Warsi dengan Dinas Kesehatan diakuinya memang telah menunjukan hasil, namun masih perlu diupayakan terus.

Sementara itu dari pihak Dinas Kesehatan Jambi sendiri yang ikut hadir dalam Rakerkes tersebut, Dr. Agung (puteri dari almarhum Kol. Abundjani) menanggapi kalau beberapa sikap kerja memang harus diambil untuk mencapai kualitas pelayanan kesehatan yang optimal. Selanjutnya beberapa masukan tentang kebijakan pelayanan program JPS-BK di RSD Kol. Abundjani disampaikan Dr Djarizal Sp.M selaku direktur RSD tersebut. Pelayanan kesehatan bagi Gakin (keluarga miskin) Merangin dan dae...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =