NEWS RELEASE:

Warsi Gelar Ekpedisi Media

news/2002/News_200210_Warsi1.jpg

Kecemasan akan semakin musnahnya hutan Taman Nasional Bukti Duabelas (TNBD) dan kian tersingkirkannya Orang Rimba harus segera mendapat tanggapan semua lapisan masyarakat. Apalagi oleh pemerintah setempat atau instansi terkait. Untuk mencapai itu, media memegang peranan penting sebagai penyampai informasi. Warsi (Warung Informasi Konservasi) sendiri sebagai lembaga yang selama ini sangat peduli pada konservasi dan kelanjutan hidup Orang Rimba, berinisiatif menggalang peran media tersebut dengan mengajak sebanyak 13 orang wartawan turun langsung ke lokasi. Media yang diundang selain media cetak lokal dan nasional, juga media elektronik, antara lain TVRI Jambi, RCTI, dan SCTV.

Acara digelar dari tanggal 22 Oktober 2002 hingga 24 Oktober 2002. Wilayah yang menjadi fokus ekspedisi ini adalah daerah sepanjang DAS Mekakal, tepatnya hutan dan Orang Rimba di Makekal Hulu dan Makekal Hilir. Kegiatan Ekspedisi Media ini diawali dengan meliput suasana belajar-mengajar anak rimba yang didampingi Fasilitator Pendidikan Warsi dan pemberian pengobatan kepada seluruh Orang Rimba melalui Fasilitator Kesehatan Warsi.

Selanjutnya, sasaran kegiatan Ekspedisi Media juga meninjau hutan yang telah gundul akibat illegal logging yang dilakukan pihak tertentu. Daerah yang akan dikunjungi untuk ini adalah Makekal Hilir.Orang Rimba di daerah ini sangat menyadari akan arti penting hutan tempat mereka bernaung. Apalagi saat menyaksikan beratus hektar hutannya ditebangi. Lahir keinginan yang kuat dalam jiwa mereka untuk mengusir pebalok dari Makekal Hilir. Kerena itu tak jarang pula perbenturan dengan pebalok terjadi,salah satunya dengan Orang Rimba Makekal Hilir yang dipimpin Depati Ngadap menahan chainsaw pebalok. Mereka menegaskan pebalok tidak boleh masuk lagi ke dalam hutan mereka.

Dengan kegiatan Ekspedisi Media, rekan pers diharapkan bisa satu bahasa dalam memberikan ?tekanan? kepada pengambil kebijakan di daerah. Sebab sejuah ini kekonsistenan pemerintah ...baca selanjutnya...


news/2002/News_200210_Warsi2.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =