NEWS RELEASE:

Ekspedisi Media Warsi Rangkum Keluhan Orang Rimba

(tumenggung Ngukir Harapkan Perda)


Ekspedisi Media yang digelar Warsi dari 22-24 Oktober lalu, berhasil merangkum keluhan-keluhan Orang Rimba, khususnya yang bernaung di hutan Makekal hulu dan Makekal hilir. Dimana rangkuman itu, menurut para wartawan yang ikut, perlu ditindaklanjuti ke pemerintah daerah atau instansi terkait.

Salah satu keluhan disampaikan oleh Tumenggung Ngukir, pimpinan Orang Rimba di Makekal Hilir yang menginginkan pemerintah (rajo dalam sebutan mereka) benar-benar menindak pelaku illegal logging. Kondisi perbalokan yang umumnya dilakukan oleh orang Dusun Kembang Sri, Tanah Garo, SPA, dan SPB, menurutnya, telah mencemaskan rombongan Orang Rimba Makekal Hilir. Bahkan telah memicu perbenturan antara mereka dengan para pebalok tersebut, termasuk dengan penduduk Olak Kemang, Tambun Arang, dan Teluk Rendah, yang telah mengambil lahan hutan untuk kebun sawit.

Sekaitan dengan itu juga, Tumenggung Ngukir meminta pemerintah melahirkan sebuah Perda (Peraturan Daerah) yang bisa melindungi hutan mereka atau berupa pengakuan hak atas tanah adat mereka di rimba Makekal Hilir. Wartawan dari media cetak lokal (antara lain Jambi Ekspres, Jambi Independent, dan Media Jambi) dan nasional (salah satunya Antara Jambi), serta media elektronik (yaitu RCTI dan SCTV), berpandangan permasalahan yang disampaikan Tumenggung Ngukir perlu diketahui gubernur Jambi, Dinas Kehutanan, bahkan jajaran kepolisian daerah.

Tujuan Ekspedisi Media yang digelar Warsi memang untuk menggali peran pers sampai pada sifat pemberitaan yang ?menekan? pembuat kebijakan agar melakukan langkah kongkret perlindungan hutan TNBD dan Orang Rimba. Termasuk untuk memperjuangkan tata batas Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) di wilayah Kabupaten Batanghari, sesuai SK Menhut. Dimana Dinas Kehutanan Batanghari yang dipimpin Simon Patasik, sempat ngotot ingin mengeluarkan sejumlah areal TNBD yang berada di kabupaten itu untuk kepentingan pebalokan.

Pada kesempatan itu, wartawan selain mendengarkan ...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =