NEWS RELEASE:

Petani Sarolangun Tuntut Tali Air

Sejak dicanangkannya Gerakan Kembali ke Sawah (GKS) oleh gubernur Jambi beberapa bulan yang lalu, petani Desa Jernih dan Semurung di Kabupaten Sarolangun, telah dua kali merasakan hasil panen yang memuaskan. Bantuaan dari pemerintah sebanyak 780 kilogram benih, 100 cangkul, dan 100 parang pun sangat memberi dampak yang lebih jauh, yaitu mendorong penduduk lainnya di kedua desa itu (yang semulanya enggan, tak yakin GKS akan sukses) ngotot ingin bersawah juga.

Misalnya di Desa Jernih yang awalnya memiliki tiga kelompok tani (Padang Bungur, Pematang Kecik, dan Payo Lebar, bertambah menjadi lima kelompok tani (kelompok tani Meranti dan Beringin) dengan jumlah anggota yang juga meningkat. Di Padang Bungur semula anggotanya hanya 27 KK dengan 10 hektar sawah yang dikelola menjadi 40 orang dengan luas sawah 36 hektar. Terlihat peningkatan yang mencapai 300 persen lebih.

Hanya saja GKS masih terhadang masalah air yang kurang bahkan tak ada untuk mengairi lahan baru yang akan dibuka. Kesigapan instansi terkait dan keseriusan ?calon petani? sangat dituntut demi itu. Anggota Padang Bungur telah mengadakan pertemuan belum lama ini untuk membahas seberapa besar kemauan bersawah dan kendala air tersebut. Tercatat 23 KK yang berencana membuka lahan di sebelah areal persawahan Padang Bungur dan saat ini telah memulai merealisasikan keinginan itu agar awal Oktober sudah bisa menanam padi.

Pardi (50), salah seorang petani yang sawahnya kesulitan air, menyampaikan kalau minggu depan sepertinya belum bisa menanam karena mendadak air yang mengaliri areal sawahnya terhenti. Hal senada juga dikeluhkan Faturrahman (45), petani lainnya. Dia juga menambahkan, penanganan masalah air ke depan juga harus diikuti. dengan kecermatan pengaturan pemakaiannya. Ketua kelompok tani Padang Bungur, Sodri, (60), membenarkan hal itu dan mengharapkan secepatnya direalisasikan pembentukan P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air). Selain itu dia juga mengharapkan adanya pembangunan ta...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =