NEWS RELEASE:

Berhasil, Panen Pertama Petani Sawah Di Desa Selatan Tnbd

news/2002/News_200207_GKS1.jpg

Sebagian besar petani padi sawah di Desa Jernih dan Semurung (Selatan TNBD) sudah melakukan panen pertama pada minggu kedua Juli hingga akhir Agustus mendatang. Dari 200 Kg bibit yang disemai menghasilkan 15.500 Kg gabah kering.

Gerakan Kembali Ke Sawah yang digalakkan Warsi sejak beberapa bulan lalu mulai memberikan hasil nyata berupa panen pertama yang telah dimulai sejak minggu ketiga Juli. Panen padi sawah di Desa Jernih dan Semurung, Kecamatan Pauh, kabupaten Sarolangun ini pertama kali dilakukan di desa Jernih yang dimulai oleh 5 orang petani. Hingga menjelang awal Agustus, dari 31 orang petani yang bertanam padi sawah di desa Jernih, tinggal 5 orang saja yang belum panen atau 26 orang petani telah sukses melakukan pertama mereka. ?Diperkirakan awal Agustus ini mereka sudah akan panen,? kata Budi Retno Minulya, fasilitator pendampingan masyarakat desa Unit Fasilitasi Desa Warsi.

Ke-31 orang petani tersebut menggarap lahan persawahan di Sawah Padang Bungur dengan luas sekitar 10 ha dan menyemaikan sekitar 200 Kg benih bibit. Panen pertama yang dilakukan oleh sekitar 26 orang petani tersebut menghasilkan lebih dari 15.500 Kg gabah kering. Masih dari desa Jernih, petani lain yang menggarap lahan persawahan di Sawah Pematang Kecik yang menanam padi di atas areal seluas 24,5 ha diperkirakan juga akan melakukan panen pertama pada akhir minggu keempat Juli atau dalam minggu ini. Sedangkan petani di sawah Beringin yang luasnya hanya 4 ha, juga diperkirakan akan mendapatkan panen pertamanya dalam waktu dekat.

Para tetua adat, ketua kelompok tani dan para petani sendiri mengaku sangat bersyukur mendapatkan panen pertama ini. ?kami sudah melakukan kegiatan upacara adat sebagai tanda syukur atas keberhasilan panen pertama ini,? kata Pak Sodri, Ketua Kelompok Tani di Sawah Padang Bungur, Desa Jernih.

Dia berharap kerjasama antara Dinas Pertanian, PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) dan Warsi dengan didukung oleh Camat Pauh Henriman dan Bupa...baca selanjutnya...


news/2002/News_200207_GKS2.jpg news/2002/News_200207_GKS3.jpg



Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =