NEWS RELEASE:

Makin Besar, Minat Masyarakat Desa Menggarap Sawah


Menurut fasilitator Warsi di kawasan tersebut Budi Retno Minulya, seriusnya ancaman terhadap pembukaan ladang baru disekitar TNBD dapat dilihat dari semakin tingginya aktifitas piari?an (gotong royong). Kabarnya, sepanjang Maret 2002 saja sudah 3 kali dilakukan kegiatan piari?an yakni pada tanggal 5,12 dan 19 yang diikuti oleh sedikitnya 16 orang warga di kawasan Genting Tanah. ?Aktifitas piari?an kemungkinan akan terus berlanjut hingga Agustus 2002 mendatang,? ujar Budi.

Kesadaran dan pemahaman masyarakat desa di sekitar TNBD (Taman Nasional Bukit Duabelas) terhadap fungsi dan pemanfaatan taman nasional memang masih sangat rendah. Dimana aktifitas ekonomi masyarakat desa terutama di desa-desa interaksi (kawasan pemukiman yang memiliki akses langsung dengan TNBD) seperti kegiatan peladangan dan pengambilan kayu secara illegal menjadi ancaman serius bagi keutuhan ekosistem TNBD.

Namun, sejak gerakan kembali ke sawah mulai digalakkan beberapa waktu belakangan ini, minat masyarakat desa menggarap lahan persawahan semakin besar. Gerakan Kembali ke Sawah (GKS) sesungguhnya dimaksudkan sebagai upaya untuk memberdayakan ekonomi masyarakat desa melalui pengelolaan ruang desa yang tidak bertentangan dengan prinsip konservasi. Sehingga diharapkan masyarakat dari desa-desa interaksi tadi memiliki kesadaran, pengakuan secara legal bahkan ikut berperan aktif dalam menyelamatkan TNBD dari kehancuran.

Kini, kedatangan Gubernur Jambi H. Zulkifli Nurdin beserta ibu Ratu Munawaroh Zulkifli untuk meninjau kegiatan kembali ke sawah diharapkan akan semakin memberikan semangat bagi warga desa untuk bergiat di sawah. Memang, pada kesempatan ini, Gubernur Zulkifli akan menyerahkan bantuan 100 unit peralatan pertanian kepada kelompok tani.

Hasil pantauan unit fasilitasi desa Warsi yang dikordinasikan oleh Diki Kurniawan mengungkapkan di bagian selatan kawasan TNBD yakni kecamatan Pauh, kab. Sarolangun, dari sekitar 19 desa yang ada, terdapat 6...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =