NEWS RELEASE:

Ramai-ramai Membongkar Aib STUD


Jubah panas yang menyelimuti aktifitas grup STUD (Sumatra Timber Utama Damai) yang menguasai areal HPH di TNBT (Taman Nasional Bukit Tigapuluh) satu per satu terkoyak. Setelah tuduhan FPHJ tentang aktifitas illegal logging dan kekurangpedulian akan nasib konservasi hutan TNBT, kini giliran CIFOR salah satu lembaga yang juga peduli akan nasib hutan Indonesia mengungkapkan aib STUD.

Bambang Setiono, policy analyst CIFOR (Centre for Internasional Forestry Reseach) mengungkapkan srup STUD merupakan salah satu obligor besar BPPN. Di sektor kehutanan yang sesungguhnya sangat tidak koperatif dalam menyelesaikan kewajiban utangnya. ?Memang tidak cukup tersedia informasi yang dapat meyakinkan publik bahwa perusahaan-perusahaan milik grup STUD melakukan praktek moral hazard,? kata dia dalam dialog kehutanan yang diprakarsai oleh FPHJ. Menurutnya, BPPN tidak memberikan informasi secara terbuka bagaimana restrukturisasi utang STUD dilakukan dan hanya menyatakan secara umum Cuma 30 % dari utang grup STUD yang sustainable atau mampu dibayar arus kas perusahaan tersebut.

Bambang menambahkan berdasarkan hasil pengamatan CIFOR hingga akhir Maret 2002 lalu jumlah utang pokok perusahaan kehutanan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Budiono Widodo tersebut tidak terbayar. Demikian pula dengan tunggakan bunganya. Sehingga perusahaan tersebut terkena pinalti. Sementara total utang grup STUD per Juli 2001 mencapai Rp 1 triliun. Diantaranya Rp 625,37 milyar milik Budiono Widodo, Rp232,78 milyar milik PT STUD, Rp157,6 milyar milik Teramaju Wood Industries Pte Ltd, Rp22,6 milyar milik Trisetia Abadi Jaya dan Rp20,98 milyar milik Trisetia Nusa Pratama.

Anehnya menurut Bambang, dalam catatan BPPN Grup STUD merupakan grup perusahaan yang memiliki prospek usaha yang cukup baik dari sisi aspek keuangan perusahaan. Dimana dari 4 perusahaan yang terdaftar sebagai obligor tiga diantaranya mendapatkan kriteria penilaian rating A, yakni PT STUD, Trisetia Abadi Ja...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =