NEWS RELEASE:

Gubernur Riau

Rekomendasikan Perluasan Tnbt
news/2008/News_200811_RekomendasiGubernurRiau.jpg

Gubernur Riau Wan Abu Bakar MS diakhir masa jabatannya telah menunjukkan keseriusannya untuk pelestarian alam. Hal ini dibuktikan dengan keluarnya rekomendasi bernomor 500/Ekbang/71.30 tertanggal 20 November 2008 tentang Rekomendasi usulan Rasionalisasi Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT). Dalam surat rekomendasi yang ditujukan kepada Menteri Kehutanan RI, Gubernur Riau merekomendasikan perluasan TNBT seluas 13.624 ha dan pengurangan TNBT seluas 4.271 ha.

Menurut Gubernur rasionalisasi ini perlu dilakukan untuk mendapatkan bentuk kawasan TNBT yang lebih kompak dengan luas yang memadai. Alasan teknis yang menjadi pertimbangan perluasan adalah, kawasan tersebut berbatasan langsung dengan TNBT, dengan kondisi hutan yang masih baik, memiliki keanekaragaman hayati tinggi, merupakan habitat fauna yang dilindungi, bertopografi curam. Jika tidak dikelola dengan baik maka kawasan ini sangat rawan perambahan dan illegal logging.

Sedangkan pengurangan kawasan menurut Gubernur dilakukan untuk mengurangi konflik dengan masyarakat sekitar yang sudah terlebih dahulu eksisting dikawasan itu dengan didukung fasilitas yang memadai.

Kawasan yang menjadi perluasan TNBT itu, menurut Gubernur berada dikawasan Hutan Produksi terbatas Keritang-Gangsal seluas 9.693 ha, HPT Serangge Sengkilo seluas 3.661 ha, diluar kawasan hutan 270 ha. Gubernur juga menegaskan kawasan perluasan TNBT yang direkomendasikannya itu tidak tumpang tindih dengan perizinan lain. ?Berdasarkan hal tersebut, pada prinsipnya kami mendukung perluasan TNBT seluas 13.624 ha,?sebut Gubernur.

Rasionalisasi TNBT dipandang perlu dilakukan mengingat kawasan hutan merupakan hutan dataran rendah yang masih tersisa di Sumatera. Secara fisiografi kawasan Bukit Tigapuluh tergolong unik karena karena menempati suatu kawasan perbukitan yang curam di tengah hamparan dataran rendah sebelah Timur Sumatra yang terpisah sama sekali dari rangkaian pegunungan Bukit Barisan. K...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =