NEWS RELEASE:

Soal Rasionalisasi Tnbt,

Dprd Propinsi Punya Kewenangan Persetujuan

Rasionalisasi Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT), yang diusulkan Forum Penyelamat Hutan Jambi (FPHJ) kepada Menteri Kehutanan beberapa waktu lalu, harus mendapat persetujuan DPRD Propinsi. Sebab rasionalisasi yang dimaksud adalah mengubah fungsi kawasan hutan di sisi selatan TNBT, yang berada di dua kabupaten (Tebo dan Tanjung Jabung Barat) dalam Propinsi Jambi.

Menurut Koordinator Program Warsi, Agus B. Utomo, persetujuan DPRD Propinsi ini sesuai dengan Keputusan Menteri Kehutanan No. 70/Kpts-II/2001, pasal 18 butir c. Isinya, permohonan perubahan fungsi kawasan hutan diajukan ke menteri, dilampiri persetujuan DPRD Kabupaten/Kota dan DPRD Propinsi untuk lintas Kabupaten/Kota.

Selain persetujuan dari DPRD kabupaten dan propinsi (karena lintas kabupaten), permohonan perubahan fungsi kawasan hutan, sebagaimana diamanatkan pasal 18, juga harus dilampiri rekomendasi bupati atau gubernur untuk lintas kabupaten, serta pertimbangan teknis Dinas Kehutanan Kabupaten/Kota atau Propinsi untuk lintas kabupaten.

?Pasal ini sekaligus menegaskan, DPRD Kabupaten juga menjadi salah satu unsur penting dalam memberi persetujuan terhadap perubahan fungsi kawasan,? paparnya. Sebelumnya, Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Tebo Yoli B. Bungin, menyatakan, DPRD Propinsi tidak memiliki kewenangan memberi persetujuan terhadap rasionalisasi TNBT, khususnya dalam wilayah Kabupaten Tebo.

Hanya masalah Geografis
Menurut Agus, rasionalisasi yang telah diusulkan dan dibahas sejak setahun lalu itu, sama sekali tidak memisahkan kawasan berdasarkan kabupaten, tapi lebih memprioritaskan pada keutuhan ekosistem dan bentang alam kawasan, khususnya yang memiliki kelerengan curam (di atas 40 persen). ?Kalau rasionalisasi itu berada di dua kabupaten, itu masalah geografis. Penekanan rasionalisasi di sini adalah dalam konteks ekosistem Taman Nasional Bukit Tigapuluh,? papar Agus

Rasionalisasi TNBT yang diusulkan FPHJ, aliansi LSM peduli hutan, adalah de...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =