NEWS RELEASE:

Kasus Terbunuhnya Enam Orang Rimba,

Kematian enam anggota masyarakat dalam satu keluarga dari komunitas Orang Rimba, yang baru diketahui Selasa (16/1) lalu merupakan tindakan kriminal yang sangat luar biasa dan memprihatinkan. Tindakan itu sudah tidak mengenal rasa perikemanusiaan dan sangat brutal. Oleh karena itu, pihak keamanan diharapkan untuk bisa menemukan tersangka pembunuh sadis itu dan tidak mendiamkan begitu saja.

Warsi sebagai LSM yang sudah mendampingi Orang Rimba selama lima tahun, hingga kini masih melakukan investigasi tentang musibah yang dialami Orang Rimba. Sebab, kehilangan enam nyawa bagi Orang Rimba merupakan sebuah musibah yang luar biasa mengagetkan. Belum pernah terjadi dalam komunitas ini, ada anggotanya meninggal seketika dalam jumlah sebanyak itu, apalagi dalam bentuk kekerasan fisik.

Oleh karena itu, Warsi menolak dugaan pihak kepolisian yang menyebutkan, pembunuhan itu berindikasi adanya perang atau konflik antar kelompok Orang Rimba. Dengan kata lain dugaan itu menyebutkan, tersangka pembunuh adalah kelompok Orang Rimba sendiri. Penolakan ini bukan sekedar membantah keterangan polisi, tapi berdasarkan budaya mereka dan pengalaman Warsi yang telah mendampingi mereka dalam waktu yang cukup lama.

Budaya Orang Rimba tidak pernah mengenal konflik secara fisik ?baik sesama anggota kelompok dan kelompok lain maupun dengan pihak luar? yang disertai pembunuhan. Mereka selama ini amat defensif bereaksi jika tersinggung atau diperlakukan secara tidak adil. Salah satu cara untuk tidak terlibat konflik adalah dengan menghindar atau pergi menjauh dari ?pihak lawan?.

Pemerintah tidak Peduli
Warsi berpendapat dengan jatuhnya korban enam jiwa dari Orang Rimba mengindikasikan bahwa posisi mereka sangat marginal di tengah-tengah masyarakat. Pemerintah pun selama ini kurang peduli terhadap mereka, termasuk dalam pengamanan. Kasus kematian enam warga Orang Rimbayang baru bisa diketahui beberapa hari setelah kejadian, menunjukkan ada ketidak-ped...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =