NEWS RELEASE:

Hutan Desa

Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Masalah lingkungan kini telah mengancam kelangsungan hidup manusia. Penggunaan bahan bakar fosil dan pengrusakan hutan yang berlangsung secara besar-besaran telah memicu terjadinya pemanasan global. Suatu kondisi dimana terjadi peningkatan suhu bumi, akibat efek gas rumah kaca. Sebagai bagian penghuni bumi, kita sudah harus mulai melakukan mitigasi dan adaptasi menghadapi perubahan iklim, dimulai dari diri sendiri dan hal yang kecil. Caranya tumbuhkan kesadaran untuk mulai peduli dan berperilaku ramah dengan lingkungan.

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih menyandarkan hidupnya pada sumber daya hutan. Hutan tidak hanya untuk penopang ekonomi, tetapi juga berfungsi secara sosial, budaya dan ekologi. Hutan pemberi naungan bagi kehidupan. Dalam beberapa dekade belakangan terjadi eksploitasi hutan secara berlebihan hingga timbul kerusakan. Dampak kerusakan lingkungan ini telah dirasakan, termasuk oleh masyarakat yang ada di sekitar hutan.

Ketika sumber daya hutan semakin berkurang dan keseimbangan alam sudah terganggu, pemikiran-pemikiran untuk mengembalikan dan menyelamatkan hutan terus bermunculan. Teranyar pemerintah mengeluarkan Permenhut No 49/Menhut-II/2008 tentang hutan desa. Hutan desa merupakan kawasan hutan negara yang dikelola lembaga desa yang ditujukan untuk kemakmuran masyarakat desa.

?Hutan desa merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat desa,?kata I Made Subadia Gel-Gel pada sosialisasi hutan desa yang merupakan salah satu point bahasan pada Pertemuan Multipihak Dalam Rangka Penyelarasan Pelaksanaan Peredaran Hasil Hutan di Provinsi Jambi, beberapa waktu lalu.

Di awal tahun 1970-an, potensi hutan Indonesia sangat melimpah. Untuk mengolahnya membutuhkan tenaga serta teknologi yang canggih, jelas kala itu Indonesia belum sanggup untuk mengelolanya. Kondisi ini yang mendorong pemerintah untuk memberi kemudahan-kemudahan kepada investor bidang kehutanan. Akibat kemudahan ini, tahun 1990-a...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =