NEWS RELEASE:

Orang Rimba Korban Beruang? Dioperasi

news/2009/News_200911_KorbanBeruang.jpg

Sulai (25) Orang Rimba dari Kelompok Tumenggung Ngamal yang beralamat di Kejasung Kecil Taman Nasional Bukit Dua Belas yang beberapa waktu lalu harus menjalani pengobatan akibat diserang beruang, hari ini menjalani operasi di Rumah Sakit Umum Raden Mattaher Jambi. Sulai menjalani operasi selama 5 jam untuk menutup tulang tengkoraknya yang mengalami kerusakan cukup parah. Operasi juga dilakukan untuk reposisi mata kiri Sulai yang bergeser dari posisi semula. Sulai ditangani oleh dokter Afrianto spesialis bedah syaraf dan dokter Ikhsan spesialis bedah mata.

Kristiawan, Staf Kesehatan KKI Warsi yang mendampingi Sulai selama menjalani pengobatan di RS Raden Mattaher menyebutkan saat ini kondisi Sulai cukup stabil dan masih butuh perawatan. ?Biaya pengobatan Sulai, ditanggung oleh Jamkesmas, hanya saja ada beberapa item yang tidak ditanggung seperti plate (bahan untuk melekatkan tulang yang rusak) serta screw (baut untuk menyambungkan dengan tulang lainnya). Biaya kedua bahan ini cukup besar, karena berasal dari titanium, untunglah pemerintah kabupaten Batanghari telah menyatakan kesediaan mereka untuk membantu mengatasi kesulitan biaya ini,?kata Kris.

Sulai mendapatkan serangan dari Beruang ketika tengah berburu di daerah Serenggam TNBD, pada 11 November lalu. Beruntung Sulai yang dalam kondisi luka parah sempat melarikan diri keluar hutan, hingga diselamatkan oleh Orang Desa Bukit Harapan dan di evakuasi ke Puskesmas Mersam hingga di rujuk ke Rumah Sakit HAMBA Muara Bulian. Selama 7 hari di rawat di sana kondisi Sulai tidak mengalami perbaikan yang signifikan, sehingga dokter merujuknya ke RS Raden Mattaher.

Setiba di RS Mattaher, Sulai tidak bisa langsung menjalani operasi karena terkendali adanya beberapa item yang harus dipakai untuk perbaikan tulangnya tidak ditanggung oleh Jamkesmas. Untuk itulah kemudian Staff KKI warsi mencoba mencari para pihak yang bersedia membantu untuk pembiayaan yang diluar Jamkesmas. Respon positif dida...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =