NEWS RELEASE:

Moratorium Izin Di Hutan Alam Dan Kawasan Gambut

Mendukung Komitmen Pemerintah Turunkan Emisi 26% Pada 2020

Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Norwegia telah menandatangani LoI (letter of intent /surat kesepakatan) pada akhir Mei lalu. Pemerintah Norwegia memberikan dana hibah sebesar 1 milyar dolar atau sekitar Rp 9 triliyun untuk mengurangi emisi karbon dari deforestasi dan degradasi hutan melalui skema Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD)/mengurangi emisi dari deforestasi dan degradasi hutan kepada pemerintah Indonesia.

Tentu ini suatu langkah maju dalam pengelolaan hutan di Indonesia. ?Jambi sebenarnya juga punya peluang untuk bisa mengakses dana yang lumayan besar ini. Salah satu caranya tentu melakukan moratorium (penghentian) pemberian izin pada kawasan hutan alam dan lahan gambut,?kata Rudi Syaf Manager Komunikasi dan Publikasi KKI Warsi di Jambi.

Dikatakan, berdasarkan data Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, saat ini di Jambi terdapat kawasan hutan yang berstatus sebagai eks HPH yang dalam hal ini perizinannya telah dikembalikan kepada pemerintah. Kawasan itu adalah eks PT Injapsin, Serestra II, Rimba Karya Indah, Bina Lestari, Hatma Hutani, dengan luas mencapai 329 ribu ha. Selain itu, juga terdapat kawasan yang dicadangkan untuk HTI, yaitu Rimba Hutani Mas dan Duta Alam Makmur, dengan luas 135.675 ha. ?Jika kawasan eks HPH dan pencadangan HTI ini tetap dipertahankan sebagai hutan, akan masuk dalam skema moratorium berdasarkan LoI yang ditandatangani di Oslo tempo hari,?kata Rudi yang juga sempat menghadiri acara konvensi Hutan dan Iklim yang diselenggarakan di Oslo, yang dilanjutkan dengan penandatangan LoI akhir Mei lalu.

Lebih lanjut, Rudi menyebutkan jika pemerintah punya komitmen kuat untuk menurunkan emisi dan serius dengan pelaksanaan skema REDD dengan menghentikan alih fungsi hutan dan membatalkan pencadangan HTI, sehingga Jambi juga memiliki peluang untuk masuk dalam skema LoI dan bisa mengakses dana hibah yang jumlahnya cukup banyak itu, untuk pemulihan kawasan hutan di Jambi.

?Jika di...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =