NEWS RELEASE:

RKHD Lubuk Beringin Ditandatangani Gubernur

Hutan Desa Sebagai Salah Satu Skema Resolusi Konflik Pengelolaan Sumber Daya Alam

Harapan masyarakat Lubuk Beringin Kecamatan Bathin III Ulu Kabupaten Bungo untuk segera mengelola kawasan hutan desa, nampaknya segera terwujud. Ini ditandai dengan sudah ditandatanganinya Rencana Kerja Hutan Desa (RKHD) Lubuk Beringin oleh Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, pada 11 Maret lalu. Sebelumnya Rencana kerja ini disusun oleh masyarakat Lubuk Beringin melalui kelompok pengelola hutan desa yang dinamai Ndendang Hulu Sako Batang Buat Dusun Lubuk Beringin. Dalam RKHD ini, ditentukan kelola kawasan, kelembagaan, usaha dan sumber daya manusia dalam mengelola kawasan hutan seluas 2.356 ha tersebut.

Dalam surat keputusan gubernur bernomor 146/Kep.Gub/Dishut/2011 disebutkan masyarakat Lubuk Beringin akan mengelola dan memanfaatkan hutan desa yang telah diresmikan Menteri Kehutanan Malam Sabat kaban pada tahun 2009 lalu, dalam jangka waktu 35 tahun ke depan. ?Dengan adanya SK RKHD ini, harapan masyarakat untuk mengelola kawasan hutan, bisa segera diwujudkan. Masyarakat sudah menjalani semua proses untuk mendapatkan hak kelola hutan desa, mulai dari pengajuan kawasan kelola ke menteri kehutanan hingga sekarang tentang rencana kerja yang telah disahkan gubernur,?ujar Rakhmat Hidayat Direktur KKI Warsi yang selama ini aktif mendampingi masyarakat dalam memperjuangkan hak kelolanya.

Disebutkan dalam rencana kerjanya, masyarakat telah merencanakan untuk pengayaan tanaman hutan, melakukan pengawasan, hingga mengidentifikasi pemanfaatan hutan desa. ?Khusus untuk Lubuk Beringin, karena kawasan ini asalnya dari hutan lindung, maka yang boleh dimanfaatkan masyarakat adalah hasil hutan bukan kayu seperti rotan, manau dan beragam jenis buah,?sebutnya.

Namun sebelum memanfaatkan dan mengelola Hutan Desa ini, masyarakat terlebih dahulu, akan menyusun rencana kerja tahunan. ?Dalam mendapatkan hak kelola hutan desa ini, masyarakat Lubuk Beringin mengikuti setiap tahapan, sehingga harapannya nanti, hasil yang didapatkan akan sangat menunjang kehidupa...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =