NEWS RELEASE:

Jambi Dapat Tambahan Sembilan Hutan Desa Lagi

Warsi Pertanyakan Nasib 14 Calon Hutan Desa Lainnya

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyerahkan Surat Keputusan Penetapan Areak Kerja Hutan Desa untuk Sembilan desa di Provinsi Jambi. Desa-desa tersebut adalah Desa Tanjung Alam, Jangkat, Talang Tembago, Lubuk Beringin, Birun, Lubuk Birah dan Durian Rambun di Kabupaten Merangin, serta desa Senamat Ulu dan Laman Panjang di Kabupaten Bungo.

SK Penetapan Areal hutan desa ini diterima langsung oleh Wakil Gubernur Jambi Fakhrori Umar dalam rangakaian kegiatan International Conference on Forest Tenure, Governance and Enterprise di Senggigi Mataram, Senin (11/7) kemarin.

KKI Warsi dan sejumlah NGO (Lembaga Tiga Beradik, Flora Fauna Indonesia, Sumatera Suistanable Support, Walhi Jambi) yang mendampingin Lembaga yang sejak awal mendampingi desa-desa ini untuk memperoleh pengakuan hak kelola hutan desa menyambut baik keluarnya SK penetapan areal kerja hutan desa ini. Namun di sisi lain, juga menyayangkan belum diberikan pengakuan untuk desa-desa lainnya yang juga mengajukan usulan hak kelola hutan desa, padahal sudah mengikuti proses yang sama dengan sembilan desa diatas. Sejak 2009 lalu, Jambi mengajukan hutan desa di Kabupaten Bungo tiga desa, Batanghari tiga desa dan Merangin 17 desa.

“Kita mengkhawatirkan hal ini bisa menimbulkan polemik di tengah masyarakat, karena desa-desa ini sudah memenuhi semua persyaratan dan dinyatakan lolos verifikasi kementrian kehutanan,”sebut Direktur KKI Warsi Rakhmat Hidayat.

Lebih disayangkan lagi, sebut Rakhmat, Batanghari yang juga mengajukan hak kelola hutan desa, lebih dahulu dibandingkan proses pengajuan hutan desa Merangin dan Bungo, malah belum di SK-kan, padahal sudah di verifikasi tim kementrian kehutanan. “Jadi wajar kita mempertanyakan kenapa terkesan kementrian kehutanan kurang respon dengan pengajuan hutan desa ini,”sebutnya.

Padahal Kementrian Kehutanan sendiri yang menargetkan untuk penambahan hutan kawasan kelola rakyat melalui hutan desa, hutan kemasyarakatan sebanyak 50 r...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =