NEWS RELEASE:

Usut Kematian Orang Rimba

Warsi Minta Aparat Menegakkan Hukum!
news/2011/News_201109_Usut_kematian_Orang_Rimba1.jpg

Peristiwa meninggalnya Orang Rimba (Suku Anak Dalam) dalam amukan massa kembali terjadi. Hal ini sungguh disayangkan karenaaparat seharusnya sudah bisa mengantisipasi sejak awal. Apalagi dalam setiap perselisihan dengan kelompok masyarakat diluar komunitas mereka, Orang Rimba selalu menjadi korban.

Atas kejadian ini, KKI Warsi meminta aparat hukum menindaklanjuti proses ini ke jalur hukum. “Kita mengharapkan persoalan ini diselesaikan secara hukum, jangan sampai terjadi pembiaran, sehingga ke depan kejadian serupa akan terjadi lagi,”sebut Rudi Syaf Manager Komunikasi KKI Warsi.

Rudi menyebutkan, aparat hukum harus menegakkan hukum dengan adil, jika yang bersalah orang desa silahkan diproses sesuai dengan aturan, demikian juga jika yang bersalah Orang Rimba, silahkan lakukan tegakkan hukum pada mereka.

“Jika proses hukum tidak berjalan, ini sama artinya dengan membiarkan Orang Rimba terjerat dalam kemarginalannya, dan secara perlahan akan terjadi etnosida (pembunuhan/penghilangan etnis Orang Rimba),”sebut Rudi.

Proses hukum penting dijalankan untuk memberikan pembelajaran hukum bagi para pihak, tidak hanya orang rimba tetapi juga warga desa. “Jangan sampai kasus ini sama seperti kasus-kasus sebelumnya yang rata-rata tidak ada proses hukumnya, sehingga penghilangan nyawa Orang Rimba semakin sering terjadi,” kata Rudi.

Selain penegakan hukum, hal yang juga sangat penting dilakukan pemerintah supaya kasus ini tidak berulang adalah mencari akar masalah yang sesungguhnya. Orang Rimba merupakan komunitas yang telah mendiami hutan-hutan sekunder Jambi, hingga belakangan di wilayah mereka ditempatkan berbagai peruntukkan, seperti transmigrasi.

“Harusnya ada solusi, sehingga kelompok diluar komunitas Orang Rimba bisa menghargai keberadaan Orang Rimba dan tidak memperlakukan mereka dengan semena-mena, demikian juga kepada Orang Rimba pemerintah seharusnya mensosialisasikan kepada mereka perubahan-perubahan yang b...baca selanjutnya...


news/2011/News_201109_Usut_kematian_Orang_Rimba2.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =