NEWS RELEASE:

Sumbar Dapat SK Hutan Nagari Perdana

Hendri :pilot Projek Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat Di Sumbar

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, akhirnya mengeluarkan SK penetapan areal kerja hutan nagari di Sumatera Barat. Tepatnya di Nagari Simanau kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok seluas 1.088 ha dan di Jorong Simancung Nagari Alam Pauh Duo Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan seluas 650 ha. Keputusan Menteri ini terbit pada 3 Oktober lalu dengan SK 572/ Menhut-II/ 2011 untuk Simanau dan SK. 573/ Menhut-II/ 2011 untuk Simancung. Rencananya SK ini, akan diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Kehutanan Sumatera Barat ke Kelompok Masyarakat Simanau pada Selasa (1/11) dan Simancung Rabu (2/11).

"Keluarnya SK Areal Kerja Hutan Nagari, merupakan bagian dari pengakuan negara terhadap kemampuan pengetahuan dan tekhnologi lokal lokal yang telah tumbuh dan berkembang ditengah masyarakat nagari didalam mengelola sumberdaya hutan secara berkeadilan dan berkelanjutan dengan basis peraturan hukum lokal mereka.,”sebut Direktur Eksekutif KKI Warsi Rakhmat Hidayat, salah satu Ornop yang akif mendampingi masyarakat untuk pengelolaan sumberdaya hutan berbasis masyarakat di Indonesia.

Dikatakan Rakhmat, pengakuan ini merupakan bukti mulai bergesernya bentuk pengelolaan hutan dari pengusahaan berbasis kayu menjadi berbasiskan masyarakat. Dimana praktek masa lalu telah membuat terjadinya deforestasi dan degradasi hutan yang sangat parah, serta meningkatnya konflik dan kemiskinan. Sehingga paradigma baru pengelolaan sumberdaya hutan berbasis masyarakat akan mampu meningkatkan peran serta serta hak akses dan kontrol. “Walau ini baru permulaan dan luasan yang diberikan masih dalam skala kecil, akan tetapi sebagai langkah awal kita patut berbangga,”sebutnya.
Disebutkannya dari Hutan Nagari yang berada di kawasan lindung seperti yang didapat masyarakat Simanau dan Simancung, masyarakat dapat memanfaatkan jasa lingkungan, hasil hutan bukan kayu, dan perdagangan karbon. Disamping manfaat ekologi yang selama ini telah dimanfaatkan masyarakat, utamanya sebagai pengatu...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =