NEWS RELEASE:

Menjadikan Sumbar <i>pilot Project</i> PHBM

Targetkan 250.000 Ha Hutan Nagari Hingga 2017

Hidup jauh dari pusat kota, bukan berarti harus gelap gulita. Mungkin ini cocok untuk menggambarkan kondisi masyarakat Simanau Kecamatan Tiga Lurah Solok. Masyarakat di nagari yang berjarak sektar 50 km dari kota Solok ini, tetap terang benderang di kala malam, meski listrik negara (PLN) tidak pernah sampai ke nagari di lingka bukit ini. Dengan sumber dayanya masyarakat membangun Pembangkit Mikro Hidro dan Pembangkit Listrik Kincir Air dengan memanfaatkan aliran Sungai Batang Simanau.

Hutan yang dikelola masyarakat secara lestari telah menjadi jaminan stabilnya aliran Batang Simanau sepanjang tahun dan juga artinya stabilnya pasokan listrik untuk masyarakat. Masyarakat nagari sangat menyadari arti penting kawasan hutan sehingga mereka mengelola hutan secara arif dan bijaksana, sehingga keberadaan hutan tetap terpelihara.

Upaya masyarakat menjaga kelestarian hutan ini, sejalan dengan program internasional untuk menghambat deforestasi dan degradasi hutan untuk mencegah terjadinya perubahan iklim. "Kita sudah mengetahui bahwa kehilangan hutan telah menjadi penyumbang peningkatan emisi karbon yang menyebabkan terjadinya efek gas rumah kaca dan berdampak pada perubahan iklim,"sebut Direktur Eksekutif KKI WARSI Rakhmat Hidayat.

Disebutkannya, dengan kondisi ini para pihak di dunia internasional telah bersepakat untuk menurunkan emisi karbon. Salah satu langkah yang disepakati adalah menghambat laju deforestasi dan degradasi hutan melalui Program REDD + (Reducing Emissions from Deforestation and Degradation Plus atau disingkat sebagai REDD+). REDD + merupakan program yang memberikan pendanaan kepada kawasan hutan yang berhasil dipertahankan dari laju kerusakan.

Namun sayangnya, ketika isu perubahan iklim mulai digulirkan, laju degradasi dan deforestasi tetap saja tinggi, akibat dikonversinya hutan menjadi peruntukan lain. "Saat ini hutan Sumatera hanya tinggal kira-kira 15 juta ha dari 443 juta ha luas Pulau Sumatera. Ini memperlihat...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =