NEWS RELEASE:

Sedimentasi Pemicu Abrasi Di Desa Pulau Kayu Aro

news/2012/News_201209_Abrasi_Sungai_Batanghari1.jpg

S ungai Batanghari menunjukkan amarahnya, satu korban dan puluhan rumah terancam. Entah kemarahan atau sakit yang teramat parah menyebabkan sungai kebanggan masyarakat Jambi ini mengalami abrasi. Abrasi yang terjadi sebanyak lima kali di Desa Pulau Kayu Aro, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi . Peristiwa yang dimulai sejak dua pekan lalu (20/8) dan berakhir Kamis, (26/8) telah memakan satu korban jiwa dan dua rumah rusak total serta 14 rumah lainnya terancam. Sampai saat ini 14 kepala keluarga yang rumahnya terancam telah mengungsi ke rumah sanak saudaranya dan semakin terus bertambah 90 kepala keluarga lainnya.Desa Pulau Kayu Aro ini didiami oleh 387 kepala keluarga, dengan 1665 jiwa.

“Sayo dan keluarga sudah mengungsi di rumah anak, dan warga lain di sekitar tempat tinggal sayo jugo sudah mengungsi ke rumah sanak saudaronyo. Kami takut kalau malam-malam tibo-tibo ado longsor lagi,” ujar Manan (57), Selasa (4/9) salah satu korban abrasi.

Suasana penuh ketakutan masih tergambar jelas di wajah-wajah masyarakat di sepanjang Sungai Batanghari di Desa Pulau Kayu Aro. Mereka masih enggan untuk menempati rumahnya. Biasanya rumah hanya ditempati jika siang hari. Sementara malam hari, mereka memilih tinggal di rumah sanak saudaranya.

Peristiwa ini, memang bukan yang pertama kali bagi mereka. Lima belas tahun yang lalu, juga pernah terjadi abrasi. “Ini longsor yang paling parah, hingga mencapai 50 meter dari pinggir sungai,” kata Halik, yang saat itu berada di balai desa.

Tak ada tanda-tanda sebelum abrasi memporak-porandakan desa mereka. Menurut Halik,hanya buih-buih di permukaan Sungai Batanghari yang tampak terlihat dari beberapa orang pencari ikan.

“Tiba-tiba tanah langsung turun saja, dan sepertinya sudah ada lubang di bawah sana. Mungkin karena maraknya penambangan pasir,” imbuhnya.

Sedimentasi atau pendangkalan, disebut-sebut Kepala Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai Batanghari Provinsi Jambi, Ga...baca selanjutnya...


news/2012/News_201209_Abrasi_Sungai_Batanghari2.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =