NEWS RELEASE:

Pelatihan Pemetaan Untuk Orang Rimba

news/2008/News_200801_PemetaanOR.jpg

Orang Rimba di Taman Nasional Bukit Dua Belas (TNBD) Jambi, telah menempati kawasan itu, jauh sebelum keluarnya Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan Nomor 258/Kpts-II/2000. Keluarnya SK ini semakin memantapkan posisi orang rimba di Kawasan Bukit Dua Belas, karena hanya TNBD sebagai satu-satunya taman nasional yang penetapan diperuntukkan sebagai kawasan hidup komunitas adat. Sejalan dengan itu, dengan statusnya sebagai Taman Nasional, pemerintah dalam hal ini Departemen Kehutanan juga melahirkan kebijakan pengelolaan taman berupa Rencana Pengelolaan Taman Nasional Bukit Dua Belas (RPTNBD).

Ketika PRTNBD disosialisasikan kepada Orang Rimba, ada beberapa bagian isi RPTN yang belum disepakati oleh Orang Rimba terutama terkait dengan sistem zonasi. Zonasi yang terdapat di RPTN terdahulu belum mencerminkan adat dan tata ruang Orang Rimba selaku komunitas yang telah mendiami kawasan itu. Berdasarkan pertemuan antara Orang Rimba, pihak pengelola taman, dan LSM pendamping maka disepakati akan dilakukan revisi RPTN, yang akan dilakukan secara partisipatif dan melibatkan Orang Rimba.

?Orang Rimba berkeinginan supaya zonasi yang ditetapkan berdasarkan adat dan keruangan orang rimba, serta menggunakan bahasa rimba, sehingga Orang Rimba mengerti dengan zona dimaksud, ,?kata Rafii Rangkuti Koordinator Unit Rimba KKI Warsi.
Pada PRTN terdahulu ada zona inti yang berada dikawasan pemukiman Orang Rimba. ?Harusnya disesuaikan dengan adat dan keruangan Orang Rimba,?kata Rafii. Di kalangan Orang Rimba sendiri mereka juga telah membagi-bagi beberapa kawasan berdasarkan fungsi dan adat Orang Rimba. Untuk Zona inti misalnya Orang Rimba menyebutnya sebagai hutan larangan. Hutan larangan mereka sebut dengan setali bukit. Di kawasan ini ditemukan inumon yaitu kawasan berupa sumber mata air di puncak-puncak bukit yang diyakini sebagai tempat tinggalnya para dewa-dewa dan setan.

Zona berikutnya adalah zona Rimba atau hutan adat. Di zona ini terdapat...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =