NEWS RELEASE:

Warsi Surati Presiden Sby

Minta Moratorium Hutan Diperpanjang

Di tengah sengkaturnya pelaksanaan UN tingkat SMA tahun ini, ada sesuatu yang membanggakan bagi Jambi, yaitu adanya anak rimba yang perdana dan satu-satunya yang mengikuti Ujian Nasional yang digelar awal minggu lalu hingga kamis kemarin. Besudut, anak rimba dari kelompok Tumenggung Ngadap di Bernai Makekal , barat Taman Nasional Bukit Dua Belas menjadi salah satu peserta ujian nasional yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan pada 2013 ini. Berikut Laporan tentang Besudut yang disekolahnya diberi nama Irman Jalil mengikuti ujian nasional yang diikutinya di SMA 14 di Jalan Pintas Bangko Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo.

Matahari masih terlihat malu-malu di ufuk timur, kokok ayam pun masih sesekali terdengar di ujung jalan simpang pasar SPA Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo. Namun sepagi ini Besudut sudah, terlihat cukup sibuk. Dia telah siap dengan seragam batik abu-abunya dan memacu motornya ke SMAN 14 Tebo. Hari itu merupakan hari ketiga dia mengikuti Ujian Nasional. Setibanya di sekolah, Besudut terlihat langsung akrab dengan beberapa temannya. Mereka bercengkerama sambil menikmati nasi rames racikan warung bukde, yang berada di sekitar sekolahnya. Tak lama ia bergeser ke kelas tempat pelaksanaan ujian.


Di dalam kelas, dia bersama empat belas temannya yang merupakan siswa kelas XII IPS telah bersiap menghadapi kerumitan soal matematika yang merupakan mata pelajaran yang membuatnya berkeringat. Namun dengan tenang dia tetap mencoba untuk konsentrasi pada lembaran soal di tangannya dan mulai mengisi lembar jawaban.

“Setibanya kami di kelas, semua muka kawan-kawan menekuk dan menahan napas panjang. Kami semua poning,” ungkapnya sembari mengekspresikan kesulitannya setelah selesai ujian.

Padahal sebelum UN di gelar Besudut atau yang sehari-hari dipanggil Herman, meski nama yang tertera di Izajahnya Irman Jalil, telah berusaha untuk mempersiapkan diri, termasuk mengikuty try out yang diadakan sekolahnya. Meski...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =