NEWS RELEASE:

Inkonsisitensi Pemerintah Pada Phbm

Pengelolaan hutan berbasis masyarakat (PHBM) sempat menjadi harapan untuk pemulihan dan perbaikan tata kelola hutan. skema hutan desa, hutan kemasyarakata, pola kemitraan dan HTR awalnya merupakan peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahterannya dari pengelolaan kawasan hutan disekitar mereka. Dalam perjalananya, pelibatan masyarakat dalam pengelolaan hutan yang diatur dalam Peraturan pemerintah No 6 tahun 2007 yang Tata Hutan dan Penyusunan Rencana pengelolaan Hutan, belum memperlihatkan hasil yang menggembirakan dan belum secara signifikan berpihak pada masyarakat.


Target Hutan kemasyarakatan dan Hutan Desa sampai 2012 adalah 1,5 juta Ha, realisasinya hanya 289.919 Ha atau 19%. Diawal munculnya PP 7 dan disusul dengan Permenhut 49 tahun 2008 tentang hutan desa, terkumpul asa yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengelola hutan sekaligus peluang untuk mengembangkan kearifan lokal yang berdasarkan pengelolaan hutan lestari dan berkelanjutan.


“Melihat realisasi pengelolaan hutan oleh masyarakat ini, kami jadi meragukan keseriusan pemerintah dalam hal ini menteri kehutanan untuk mensejahterakan masyarakat dari pengelolaan hutan sebagaimana digembargemborkan kala PP 6 dan permenhut 8 ini dirilis ke publik,”sebut Rakhmat Hidayat Direktur Eksekutif KKI Warsi.


Meski dalam tahapan pengajuan izin kelola hutan desa ini, memakan proses yang panjang, masyarakat sudah berupaya untuk memenuhi persyaratan yang diminta oleh mentri kehutanan. Namun di banyak kasus, banyak permohonan yang sudah diajukan dan mengikuti proses yang panjang, mangkak di menja mentri. Saat ini terdapat 2.538 desa di 32 provinsi yang berbatasan langsung dengan hutan produksi dan hutan lindung, sebagian besar sudah mengajukan perizinan untuk hutan desa ataupun hutan kemasayarakat, Sumsel di Musi Banyuasi untuk hutan desa, Hkm di Musi Rawas, Kaimana di Papua untuk hutan desa , Lampung untuk Hkm, sumatera barat di pasaman dan pas...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =