NEWS RELEASE:

Gubernur Tandatangani 17 Hak Pengelolaan Hutan Desa

news/2013/News_201308_Gubernur_Tandatangani_17_Hak_Pengelolaan_Hutan_Desa1.jpg

S ebanyak 17 Hak Pengelolaan Hutan Desa (HPHD) telah ditandatangani Gubernur Jambi Hasan Basri Agus beberapa hari yang lalu. HPHD yang telah ditandatangani ini, berada di tiga Kabupaten, (12 buah di Kabupaten Merangin, 2 buah di Kabupaten Bungo dan 3 buah di Kabupaten Batanghari).

Telah ditantanganinya 17 HPHD ini, setidaknya menjadi angin segar bagi masyarakat dalam kepastian pengelolan hutan desa nya. Direktur Eksekutif KKI Warsi Rakhmat Hidayat menyebutkan Warsi menyambut baik komitmen Gubernur kepada masyarakat dengan menandatangani 17 HPHD tersebut.

“Warsi menyambut baik komitmen ini, dengan ditandatanganinya HPHD ini menjadi salah satu instrumen untuk otonomi pengelolaan oleh masyarakat, resolusi konflik serta untuk menjamin kepastian hak dan keadilan tenurial hutan bagi masyarakat yang sumber penghidupannya berada didalam dan sekitar kawasan hutan. Selain itu juga diharapkan akan menjadi pendorong untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Apa yang telah di lakukan Gubernur Jambi merupakan wujud komitmennya yang terdapat didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi 2011 - 2015 yaitu mengimplementasikan pembangunan dengan konsep “green economy” yang pro pada lingkungan.

Rakhmat juga menambahkan seharusnya ada sinergi antara Kementerian Kehutanan dan dukungan dari Pemerintah Daerah agar mimpi membangun pengelolaan hutan yang lestari dan masyarakat sejahtera dapat terwujud. “Sekedar HPHD saja tidak cukup, karena harus diikuti juga dukungan pendanaan, peningkatan kapasitas masyarakat, penyelesaian tata batas serta penyederhanaan prosedur oleh Pemerintah agar semuanya bisa berjalan dengan baik,” imbuh salah satu Focal Poin ASEAN untuk Social Forestry ini.

Provinsi Jambi merupakan salah satu pusat gerakan dari Pengelolaan Hutan Berbasis Mayarakat di Indonesia. Dimana sejak tahun 1990 an telah berjalan pengelolaan hutan berbasiskan masyarakat dengan bentuk Hutan Adat. Bent...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =