NEWS RELEASE:

Jambi Pelopor Hutan Adat

Jambi sudah sejak era 1990-an mengakui hak kelola masyarakat dengan skema hutan adat. Meski waktu itu kewenangan pengelolaan kawasan hutan belum ada dimanapun, baik di Kementrian Kehutanan, Dalam Negeri, Lingkungan Hidup dan lainnya. Baru dengan keluarnya UU No.41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, mulai muncul istilah Hutan Adat. Namun hingga saat ini peraturan turunan terkait hutan adat tidak juga ada, sampai adanya Keputusan MK No.35 Tahun 2012 tentang Hutan Adat.

Kendati begitu, melihat hubungan erat masyarakat yang sudah sejak lama hidup berdampingan dengan hutan, makin besarnya tekanan terhadap sumberdaya hutan yang menjadi tempat hidup masyarakat serta konflik antara masyarakat dan perusahaan. Akhirnya Pemerintah Daerah dalam hal ini bupati sudah merekognisi hutan adat disejumlah kabupaten yaitu Kerinci, Bungo, Merangin dan Sarolangun. Bupati Kerinci merupakan yang pertama kali memberikan pengakuan terhadap Hutan Adat Temedak Keluru pada tahun 1994.

?Masyarakat dalam memanfaatkan hutannya juga dengan kearifan lokal yang berasaskan lestari dan berkelanjutan, mereka sangat paham akan manfaat hutan dan juga dampak yang akan timbul dari pengelolaan hutan, sehingga masyarakat memproteksi hutannya salah satunya dengan skema Hutan Adat,?Sebut Rakhmat Hidayat Direktur Eksekutif KKI WARSI di sela-sela acara Seminra Nasional Membumikan Ruh Hutan Adat Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 35/PUU-X/2012 Menuju Pengelolaan Hutan Yang Berkelanjutan Dan Berkeadilan Dalam Perspektif Tata Ruang Serta Perlindungan Hak Asasi Manusia Dan Budaya yang diselenggarakan di Bappeda Provinsi Jambi kemarin.

Disebutkannya hingga kini terdapat 9.406,69 ha hutan adat yang dilegalisasi dengan Surat Keputusan Bupati ataupun Peraturan daerah. Dengan adanya keputusan MK 25 tahun 2012 yang menyeluarkan hutan adat dari kawasan hutan negara tentu merupakan angin segar bagi perjuangan hutan adat di Jambi. ?Adanya pengakuan hutan adat di Jambi ini merupakan sebagai lang...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =