NEWS RELEASE:

PLTMH Senamat Ulu Diresmikan

Dihadiri Anggota Parlemen Norwegia

PENGGUNAAN Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) berkapasitas 30.000 watt di Dusun Senamat Ulu, Kecamatan Batin III Ulu, diresmikan oleh Sekda Bungo Ridwan Is, Minggu (04/5). Peresmian itu dihadiri Ketua Komisi Bidang Energi dan Lingkungan Parlemen Norwegia Ola Elvestuen, perwakilan dari Kedutaan Besar Norwegia, perwakilan Rain Forest Norwegia (RFN), dan Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) WARSI.

PLTMH yang dibangun pada akhir 2013 dengan bantuan APBD sebesar Rp 1,5 miliar ini memiliki kapasitas 30.000 ribu watt, namun yang bisa dialirkan ke rumah masyarakat hanya sebesar 27.000 watt. Hingga saat ini sudah tercatat 104 rumah yang menjadi pelanggan dari total sekitar 169 rumah di Senamat Ulu. Masing-masing rumah mendapat jatah listrik sebesar 220 watt dan dikenakan iuran bulanan sebesar Rp 50.000. Dana ini digunakan untuk biaya perbaikan PLTMH, gaji pengurus, dan kas desa.

“Awalnya kami melihat potensi air yang ada di Batang Senamat. Kemudian ada rapat bagaimana caranya untuk bisa memanfaatkannya. Pihak ESDM kemudian menyetujui pembangunan PLTMH di sini,” . kata Mulayadi, Ketua Pengurus PLTMH Senamat Ulu.

Selain meninjau PLTMH, Ola Elvestuen dan rombongan juga menabur benih ikan di Batang Senamat, meninjau PLTK, melihat pemanfaatan biogas, serta melakukan penanaman bibit jernang di sekitar lokasi pembangunan PLTMH Senamat Ulu. Dalam kunjunga itu Ola Elvestuen mengatakan, Indonesa adalah negara yang banyak memiliki hutan dan selama ini telah berperan besar dalam isu perubahan iklim di dunia. Untuk itu ia menyambut positif kepedulian masyarakat di Senamat Ulu yang telah menjaga hutan mereka hingga saat ini. Menurut dia, kedatangan mereka ke Senamat Ulu dalam rangka menjalin hubungan yang lebih baik antara Norwegia dan Indonesia. Hubungan ini secara umum dan khususnya untuk mengembangkan hubungan kerjasama rain forest dan masyarakat sekitar.

“Saya ucapkan terimakasih atas masyarakat di sini yang telah menyelamatkan hutan....baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =