NEWS RELEASE:

Warsi Raih Kaplataru

Konsisten Perjuangkan Hak Kelola Rakyat
news/2014/News_201406_Warsi_Raih_Kaplataru.jpg

Wakil Presiden Budiono menyerahkan penghargaan Kalpataru kepada Direktur eksekutif KKI WARSI Diki Kurniawan di Istana Wapres tadi pagi. Penyerahan penghargaan kepada pihak-pihak yang dianggap berjasa dalam melestarikan lingkungan ini, tentu di sambut baik oleh WARSI yang sudah berkegiatan dalam penyelamatan lingkungan dan pengakuan hak kelola masyarakat di dalam dan sekitar hutan.

Penghargaan yang diterima WARSI untuk kategori Pembina Lingkungan ini, merupakan apresiasi pemerintah kepada lembaga yang sudah berdiri sejak 1992 ini, dalam upayanya untuk menjaminkan hak keberlanjutan pengelolaan sumber daya alam untuk kehidupan kini dan nanti.

“Kalpataru ini kami dedikasikan untuk masyarakat yang selama ini sudah berjuang bersama untuk menciptakan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan,”sebut Diki Kurniawan.

Disebutkannya, hingga kini terdapat sekitar 30.000 desa yang berada di dalam dan sekitar kawasan hutan, selama puluhan tahun hanya menjadi penonton atas eksploitasi sumber daya hutan yang ada di sekitar mereka. Tidak ada pelibatan masyarakat dalam pengelolaan hutan. Padahal masyarakat jauh sebelum adanya negara ini juga sebelum hadirnya korporasi yang dilegalisasi negara melalui izin-izin yang sah, sudah hidup harmonis berdampingan dengan hutan. Masyarakat sekitar menilai hutan bukan Cuma tegakan kayu, tetapi satu kesatuan yang saling mendukung dan memberi Multi manfaat mulai dari sektor ekonomi, sosial budaya hingga religi, yang mendukung kehidupan masyarakat.

“Dari hutan masyarakat mendapatkan hasil ekonomis melalui hasil hutan non kayu seperti rotan, damar, madu dan lainnya. Dari hutan Orang Rimba menjalin ritual-ritual dengan sang pencipta sesuai dengan keyakinan Orang Rimba,”sebutnya.

Dengan adanya pola ini menurut Diki, maka masyarakat membangun hubungan yang selaras dengan alam dengan kearifan-kearifan yang dimilikinya. Ada pengaturan kawasan, ada kawasan yang diproteksi, ada kawasan yang dimanfaatkan baik u...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =