NEWS RELEASE:

Memperjuangkan Kemerdekaan Pendidikan Orang Rimba

Kunjungan Wamen Pendidikan Di Taman Nasional Bukit Duabelas

Hutan sangat penting untuk kehidupan Orang Rimba, sebagai tempat hidup dan berpenghidupan. Semua aspek kehidupan Orang Rimba selalu berintegrasi dengan hutan, seperti aspek religi, ekonomi, sosial dan budaya.Dengan pola hidup semi nomadik, Orang Rimba hidup dari berburu, meramu dan berladang. Namun sayangnya, hutan yang menjadi gantungan kehidupan Orang Rimba sudah jauh berubah. Dari 3.000 jiwa Orang Rimba yang ada di Provinsi Jambi sebagian besar hidup dalam kondisi yang memprihatinkan akibat kehilangan sumber hidup mereka.

Data yang dihimpun WARSI di wilayah penghidupan Orang Rimba yang tersebar di tiga kawasan besar yaitu sepanjang jalan lintas tengah Sumatera, Bukit Duabelas dan selatan Bukit Tigapuluh. Ada sekitar 28 perusahaan HPH yang pernah tercatat beroperasi di Provinsi Jambi dengan total luas konsesi hampir 2,6 juta ha. 16 perusahaan mengeksploitasi kayu, berada atau bersinggungan langsung di kawasan hidup Orang Rimba dengan total luasan konsesi sekitar 1,5 juta ha. Kini setelah hutannya terdegradasi kawasan HPH ini beralih menjadi HTI, perkebunan kelapa sawit, transmigrasi dan pertambangan.

“Mirisnya dalam setiap perubahan ini, Orang Rimba yang mendiami kawasan ini tetap tidak menjadi perhitungan, akibatnya Orang Rimba kehilangan hak-hak dasarnya sebagai warga negara. Hak dasar untuk berpenghidupan tidak sepenuhnya mereka dapatkan karena sistem pembangunan kehutanan lebih memperhitungkan kepentingan korporasi. Hak dasar untuk pendidikan juga tidak di dapatkan, karena sistem pendidikan kita belum mengakomodir komunitas Orang Rimba,” sebut Diki Kurniawan Direktur Eksekutif KKI WARSI.

Disebutkannya Orang Rimba tetap bertahan di tempat asal dalam keadaan sangat marginal.Sebagian kelompok berintegrasi dengan desa-desa atau bersifat pragmatis dan sebagian kelompok pergi mencari sisa hutan. “Meski mereka juga sangat sadar bahwa suatu hari nanti mereka akan kembali tergusur dan bersiap untuk pindah,”sebutnya.

Diki mengatakan me...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =