NEWS RELEASE:

Kealfaan Negara Pada Orang Rimba

Pemicu Konflik Yang Tak Berkesudahan
news/2014/News_201409_Kealfaan_Negara_Pada_Orang_Rimba1.jpg

ARSI mempertanyakan peran negara terhadap konflik-konflik yang melibatkan Orang Rimba yang belakangan sering terjadi. Di permukaan konflik yang terjadi sudah langsung diredam dengan adanya perjanjian damai. Hanya saja kesepakatan damai ini, belum akan mampu mengatasi persoalan konflik yang diamali oleh orang rimba di masa yang akan datang.

“Kami melihat perjanjian damai yang dilakukan lebih banyak pada poin larangan yang ditujukan untuk orang rimba, seperti larangan bawa kecepek, larangan bawa hasil buruan, larangan masuk ke kebun orang desa. Larangan-larangan ini tentu akan menjadi tekanan untuk Orang Rimba. Di sisi lain dalam perjanjian damai yang dibuat belum memberi solusi penyelesaian konflik jangka panjang,”sebut Robert Aritonang Koordinator Program Komunitas Konservasi Indonesia WARSI.

Disebutkannya, harusnya upaya untuk membangun kesepahaman menyeluruh terhadap kedua kelompok yang bertikai. Orang Rimba memahami norma yang berlaku di luar mereka dan warga desa juga memahami budaya dan cara hidup Orang Rimba. Pemahaman terhadap budaya dan pola hidup masing-masing ini perlu dilakukan untuk meredam konflik yang sangat mungkin timbul di masa depan. Apalagi yang menjadi persoalan utama dari setiap konflik yang terjadi merupakan akumulasi dari persoalan perebutan sumber daya alam.

“Ke depan gesekan antara Orang Rimba dan masyarakat desa akan semakin tinggi, Orang Rimba butuh hutan untuk kelangsungan hidupnya, sementara hutan semakin menipis, bahkan sudah berganti menjadi perkebunan dan tanaman akasia, sudah tidak ada sumber penghidupan, sehingga Orang Rimba semakin banyak yang mencoba berpindah cari sumber penghidupan baru dan proses pencarian ini berpotensi menimbulkan bergesekan dengan masyarakat yang ditemuinya,”kata Robert.

Untuk itu menurut Robert, harus ada langkah konkret untuk bisa menyatukan dua kelompok yang mempunyai hak yang sama sebagai warga negara. “Orang rimba juga sama seperti masyarakat yang lain, ingin hidup laya...baca selanjutnya...


news/2014/News_201409_Kealfaan_Negara_Pada_Orang_Rimba2.jpg



Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =