NEWS RELEASE:

Merangin Komitmen Sekolah Hijau

news/2014/News_201409_Merangin_Komitmen_Sekolah_Hijau1.jpg

Setelah sukses dengan program kawasan rumah pangan lestari, tampaknya Kabupaten Merangin akan mengembangkan program serupa di tingkat sekolah-sekolah. Pola yang akan dikembangkan di sekolah akan dikenal dengan sekolah hijau. Hal ini disampaikan Camat Tabir Selatan, Sukoso saat menghadiri kegiatan pendidikan lingkungan hidup yang dimotori KKI WARSI di SMPN 17 Merangin.

Kegiatan pendidikan lingkungan hidup telah dilakukan KKI WARSI sejak tahun 2009, dengan mengajak sekolah-sekolah di sekitar kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas untuk belajar dengan anak-anak rimba untuk lebih peduli dengan kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas dengan pengenalan flora dan fauna yang ada di dalamnya. Hingga kegiatan itu terus dikembangkan dengan kegiatan road show ke sekolah-sekolah.

Asisten Koordinator Program Bukit Duabelas KKI WARSI, Siswaningtyas menyebutkan sejak awal tahun 2014 sudah lebih dari lima sekolah yang sudah dikembangkan gerakan pendidikan lingkungan hidup.

“Program ini sendiri awalnya bertujuan untuk lebih mengnalkan kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas. Dimana banyak dari anak-anak itu tidak tahu apa itu Taman Nasional Bukit Duabelas dan keanekaragaman hayati didalamnya.Kedapannya kita akan lebih intensif melakukan pendidikan lingkangan hidup ini dengan mengintegrasikan anak-anak desa dan teman-teman di rimba untuk lebih peduli dengan lingkungan.

Program menuju sekolah hijau, menjadi ikon penting dalam rangka antisipasi bersama sekolah dalam menghadapi penurunan kualitas lingkungan hidup. Program ini, juga sebagai bentuk kepedulian dunia pendidikan terhadap permasalahan global, khususnya menjaga dan melestarikan lingkungan sekolah. Kepedulian dunia pendidikan akan terlaksana apabila ada sinergi berbagai pihak, mulai dari lingkungan sekolah sampai tingkat pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Ditambahkan Tyas, bahwa pemerintah pusat bahkan saat ini sudah mencanangkan program Adiwiyata.Program Adiwiyata ini adalah sebagai s...baca selanjutnya...


news/2014/News_201409_Merangin_Komitmen_Sekolah_Hijau2.jpg



Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =