NEWS RELEASE:

Tingkatkan Pendapatan Petani, Kembangkan Pertanian Terpadu

Sejak isu Pemanasan Global mencuat dan menjadi perbincangan hangat para pihak di seluruh dunia, maka strategi adaptasi dan mitigasi terhadap dampak isu ini terus dimunculkan. Salah satu dampak paling fenomenal dari isu ini adalah terjadinya Perubahan Iklim. Akibatnya banyak sekali bencana yang terjadi di seluruh belahan bumi. Meningkatnya permukaan air laut, mencairnya es di kutub utara, hingga semakin seringnya terjadi banjir dan kekeringan panjang, musim yang tidak menentu, penyakit yang semakin berkembang adalah beberapa contoh akibat terjadinya Perubahan Iklim.

Perubahan iklim disebabkan oleh ketidakseimbangan adanya perubahan pada ekosistem. Selain upaya pemulihan ekosistem, upaya yang dilakukan adalah upaya untuk mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim. Banyak konsep untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, diantaranya pembangunan Rendah Karbon/Emisi, Pembangunan Hijau, Ekonomi Hijau, dll. Semua konsep ini berada dalam satu irisan, yakni pembangunan yang berkelanjutan.

Di tingkat lokal, pembangunan berkelanjutan juga menjadi bagian dari konsep pembangunan pemerintah Provinsi Jambi. Konsep ini tercermin dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Jambi (RPJMD) 2011-2015, dimana dalam pembangunan Provinsi Jambi selain fokus pada pro growth, pro job, dan pro poor, juga meletakkan pro environment sebagai fokus pembangunan dengan konsep geen economy.

“Praktek pembangunan berkelanjutan diterapkan pada seluruh bidang. Sebagai contoh, di bidang pertanian muncul istilah pertanian berkelanjutan. Istilah ini lahir sebagai respon atas upaya memadukan keberlanjutan usaha tani dengan upaya pengurangan dampak perubahan iklim,”kaya YulqariDeputi Direktur KKI WARSI pada pembukaan Pelatihan Pelatihan Pengembangan Sistem Usaha Tani Terpadu Terpadu Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga dan Mitigasi Perubahan Iklim Bagi Masyarakat Lokal yang diselenggarakan di Pusat pelatihan Perubahan Iklim WARSI Sebapo 26-27 Nove...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =