NEWS RELEASE:

Warsi Keluar Dari Pokja Isfmp

KKI WARSI memutuskan untuk keluar dari kelompok Kerja ISFMP (Integrated Sustainable Forest Management Plan) Provinsi Jambi. Keluarnya WARSI dari kelompok Kerja ini karena setelah melakukan perjalanan lapangan menemukan: kondisi di lapangan tidak sepenuhnya masuk ke dalam rekomendasi tim ahli, validitas atau akurasi data yang digunakan tim ahli masih diragukan dan konflik sosial tidak terpetakan dengan baik.

WARSI mulai bergabung dengan Kelompok Kerja yang merupakan multi stakeholder yang terdiri dari unsur pemerintah yaitu Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, BKSDA, Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh, perwakilan APHI, perwakilan NGO yang terdiri dari WWF, Green Peace, ZSL, Forum Gajah dan akademisi dalam hal ini Universitas Jambi, serta sejak Desember 2014. ISFMP merupakan Rencana Pengelolaan Hutan Lestari yang Terintegrasi , yang akan mengatur tata cara pengelolaan dan pemeliharaan daerah konsesi pemasok Asia Pulp and Paper.

Dibentuknya ISFMP merupakan kelanjutan dari program kerja Asia Pulp & Paper Group (APP) dalam melaksanakan Kebijakan Konservasi Hutan (Forest Conservation Policy/FCP) dengan para pihak untuk terlibat memantau langsung kegiatan APP. Sejak banyaknya tudingan miring kepada APP yang lebih mementingkan kepentingan bisnis dibandingkan perlindungan ekosistem, sejak 2013 lalu APP sudah menyatakan komitmennya untuk melakukan perbaikan tata kelola kehutanan diantaranya penghentian pembukaan hutan alam secara permanen di seluruh rantai pasokannya melalui peluncuran kebijakan FCP.

Untuk memastikan komitmennya APP telah meminta tim ahli untuk memberikan penilaian independent terhadap komitmen APP, terutama penilaian terintegrasi terhadap keaneka ragaman hayati dan konservasi yang terbesar yang pernah dilakukan, sosial dan pengelolaan berkelanjutan pada kawasan pemasok APP.

Hasil penilaian tim ahli ini kemudian di tindak lanjuti oleh Kelompok Kerja untuk memberikan pilihan terbaik guna keberlanjutan pengelolaan ka...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =